Klojen (malangkota.go.id) – Hingga saat ini peluang kerja di bidang fotografi, baik secara mandiri maupun di perusahaan masih sangat terbuka lebar dan tidak ada matinya. Seiring kemajuan teknologi informasi, dunia fotografi berkembang pesat dan merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan karena banyak dibutuhkan masyarakat.

Seorang peserta praktek teknik fotografi dari instruktur Pelatihan Dasar Fotografi

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Sony Bachtiar, SE,MM usai membuka Pelatihan Dasar Fotografi di Hotel Aria Gajayana, Rabu (8/2/2023). Pelatihan yang diikuti 40 kaum muda yang telah terseleksi ini, merupakan salah satu langkah Diskopindag untuk terus melahirkan lebih banyak startup berdaya saing di Kota Pendidikan ini.

Ditambahkan Sony, selama dua hari para peserta akan dibekali berbagai materi dan praktik memotret di dalam dan di luar ruangan. Pascapelatihan ini, dia menargetkan para peserta minimal memiliki hobi memotret, sehingga lambat laun mereka akan menghasilkan karya yang bernilai jual. “Meski tidak memasuki atau diterima di perusahaan, setidaknya peserta pelatihan ini bisa menjadi fotografer lepas,” harapnya.

Lebih jauh Sony mengatakan, bahwa dunia fotografi terus berkembang dengan pesat, semua fasilitas itu ada dan semua kesempatan itu bisa dijadikan ikon. “Jadi kesempatan ini bisa menjadi peluang dan peluang itu juga bisa jadi ancaman. Kemudian bagaimana teman-teman ini sigap dalam menyikapi hal tersebut,” tuturnya.

“Melalui Diskopindag inilah kita menangkap itu menjadi sebuah peluang dan menjadikan sebuah kesempatan melalui pembekalan serta pembelajaran yang komprehensif. Dari sinilah nantinya seorang fotografer akan mempunyai kemampuan yang mumpuni,” urai Sony.

Ketika seseorang mempunyai dasar sebuah keilmuan, maka harus didalami lagi dan jangan segan untuk bertanya serta terus belajar. “Dari modal inilah, nantinya secara otomatis seorang fotografer akan memiliki segudang referensi dan pada akhirnya akan membuka pintu peluang usaha,” pungkas Sony. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content