Berita Ekonomi Kreatif

Langkah Inovatif Olah Sampah Organik Jadi Briket

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Memanfaatkan sampah organik yang selama ini kian menjadi masalah, Wakil Ketua RW VII Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang, Heru Purnomo memiliki langkah inovatif dengan memanfaatkannya menjadi briket.

Wakil Ketua RW VII Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang, Heru Purnomo

Heru mengungkapkan saat ini dirinya tengah serius mengolah sampah organik menjadi briket sampah yang kualitasnya sangat bagus dan tak kalah dari briket batubara. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, ia pun optimis permasalahan sampah dapat dicarikan solusi nyata.

“Setelah briket sampah ini saya lakukan penelitian di laboratorium, hasilnya sangat bagus. Saya optimis briket sampah ini bisa menjadi solusi penanganan sampah organik yang selama ini menjadi masalah,” yakin Heru, Jumat (17/3/2023).

Sebagai wujud keseriusannya, Heru saat ini sudah menyiapkan mesin yang dapat dengan cepat mengolah sampah organik menjadi briket. Tetapi karena di Kota Malang ia kesulitan mencari lahan untuk membuat mesin briket sampah dalam skala besar, saat ini pihaknya membuat mesin briket tersebut di wilayah Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Dengan inovasi ini Heru berharap dapat memberikan sumbangsih nyata penanganan permasalahan sampah organik di Kota Malang dan juga di Malang Raya. Selain itu melalui karya-karyanya dapat mendukung Kota Malang menjadi yang terbaik di bidang lingkungan hidup.

Menurut Heru, meski sudah ada solusi terkait penangangan sampah organik dengan menyulap sampah menjadi briket, edukasi kepada masyarakat harus tetap diberikan agar pemilahan sampah dari rumah antara sampah organik dan anorganik dilakukan.

Dengan jalan itu, sampah organik dapat dengan cepat diolah menjadi briket sampah dan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi barang-barang bermanfaat serta bernilai ekonomi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content