Berita

Pangdam V/Brawijaya Apresiasi Kiprah PCNU Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Halalbihalal Kebangsaan yang digagas oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang di Aula Skodam Kota Malang, Selasa (2/5/2023) berlangsung gayeng penuh kehangatan.

Silaturahmi Kebangsaan di Aula Skodam V Brawijaya

Tampak hadir pada halalbihalal ini Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Ketua PBNU Zulfa Mustofa, FKUB dan segenap tamu undangan.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Farid Makruf mengapresiasi halalbihalal yang digelar ini. Kedatangannya ke Kota Malang kali ini juga disampaikannya dalam rangka bersilaturahmi setelah empat bulan menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya.

Jawa Timur menurutnya adalah wilayah yang sangat strategis, baik dari segi ekonomi, perdagangan maupun dari segi sumber daya manusia. “Jawa Timur potensinya sangat besar,” terang Pangdam V/Brawijaya.

Namun di balik potensi itu, menurutnya masih ditemukan beberapa hal yang menyimpang, diantaranya adalah perkelahian antar perguruan silat, ketidaktertiban penonton sepakbola, tawuran antar geng dan yang paling mengkhawatirkan adalah ajaran radikal yang masih berkembang.

“Radikalisme yang kerap memecah belah bangsa dengan dalih agama, perlu ditangkal oleh organisasi-organisasi besar seperti NU,” pesan Pangdam V/ Brawijaya.

Pangdam V/Brawijaya pada kesempatan ini juga mengajak warga nahdliyin dan masyarakat luas untuk berperan aktif dalam memerangi narkoba guna melindungi generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut Mayjen TNI Farid mengucapkan terima kasih kepada FKUB yang berkenan hadir mewarnai indahnya kebersamaan. Dikatakannya Bangsa Indonesia terdiri dari 1.182 suku, dan sudah seharusnya bersatu saling bahu membahu dan melupakan perbedaan yang ada.

Ia pun berharap melalui halalbihalal ini terjadi tukar menukar informasi antara ulama, umara dan para umat sehingga apa yang menjadi ganjalan, hambatan di dalam komunikasi dan permasalahan di Kota Malang dapat diselesaikan.

Sementara itu Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengungkapkan bersyukur masih diberikan kesempatan menghadiri halalbihalal yang menjadi bagian bersama untuk mempererat tali silaturahmi.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PCNU Kota Malang ini untuk bersama membangun kebersamaan, berdoa bersama, dan ngaji bersama alim ulama,” kata Sutiaji.

Melalui halalbihalal ini, pria berkacamata tersebut berharap semoga semakin banyak membawa kebaikan dan keberkahan, khususnya untuk Kota Malang dan bangsa Indonesia. Ia menyebutkan bahwa selama ini PCNU Kota Malang juga begitu banyak berperan untuk kemajuan pembangunan di Kota Malang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content