Berita Pendidikan

Disdikbud Kota Malang Bentuk Tim Verifikasi PPDB Jalur Prestasi

Klojen (malangkota.go.id) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2023-2024 di Kota Malang dimulai tanggal 22-24 Mei 2023 secara daring. Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi lomba mulai tanggal 15-17 Mei 2023. Sedangkan untuk jalur prestasi rapor tanggal 5-7 Juni 2023 dan jalur zonasi tanggal 12-14 Juni 2023.

Saat ini pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang masih melakukan verifikasi jalur prestasi nonakademik yaitu lomba. Prestasi akademik seperti olimpiade yang sifatnya lomba juga masuk didalamnya.

Beberapa hal itu disampaikan Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana, Senin (15/5/2023). Ditambahkannya, jalur prestasi ini dibagi dua, yaitu prestasi nilai rapor dan lomba. Untuk pendaftaran jalur prestasi hasil lomba, afirmasi, perpindahan tugas orang tua dimulai tanggal 15-17 Juni 2023. Jalur prestasi rapor pada 3-7 Juni dan zonasi 12-14 Juni 2023.

Lebih lanjut Suwarjana mengatakan, dari penjaringan atau pendaftaran itu nantinya akan dibahas dengan tim yang terdiri dari sejumlah unsur, seperti pimpinan cabang olahraga yang menaungi, KONI, dewan pendidikan dan Kantor Kementerian Agama setempat. “Jadi sertifikat yang dilampirkan peserta didik, tidak serta-merta lolos, karena akan digodok oleh tim tersebut,” tegasnya.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Sam Kadin ini, pihaknya tidak akan asal-asalan dalam menerima peserta didik dari jalur prestasi ini. Karena semua sertifikat akan diverifikasi dan dilihat apakah prestasinya itu berjenjang atau tidak. “Sehingga nantinya dari jalur prestasi ini akan terjaring anak-anak yang berkualitas,” jelasnya.

Dari jalur prestasi ini minimal adalah di tingkat kota dan penyelenggaranya harus yang kredibel serta lombanya berjenjang. Misalnya ada anak memiliki sertifikat lomba catur Piala Kemenpora, dan bukan lomba berjenjang, maka sertifikatnya akan dipertimbangkan. “Jadi tim verifikasi akan jeli dalam menilai dan menentukan lolos apa tidak. Informasi lebih lanjut PPDB ini dapat dilihat di https://ppdb.malangkota.go.id,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content