Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan Lansia

Hadiri Gebyar Lansia, Wawali Ajak Untuk Tetap Produktif

Blimbing (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menghadiri Gebyar Lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kelurahan Balearjosari Kota Malang, Senin (29/5/2023). Di momen ini Wawali mengajak peserta yang hadir untuk tetap semangat, produktif, dan bermanfaat.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (enam dari kiri) foto bersama di Gebyar Lansia

Pria yang akrab disapa Bung Edi tersebut mengungkapkan bahwa HLUN merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap kiprah lansia yang luar biasa dalam memberikan darma bakti kepada Negara. Hari lansia sendiri diperingati setiap tanggal 29 Mei.

“Sebagai pemerintah, kita memiliki kewajiban untuk memberikan apresiasi kepada lansia melalui berbagai kegiatan, termasuk kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan di Kelurahan Balearjosari ini,” jelas Bung Edi, Senin (29/5/2023).

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya memberikan yang terbaik bagi lansia di Kota Malang agar mereka tetap sehat dan produktif. Di usia yang sudah lanjut, disampaikannya lansia telah melewati banyak pengalaman hidup yang berharga dan memiliki pengetahuan yang luar biasa. “Kita harus selalu peduli terhadap lansia dan terus meningkatkan kasih sayang kita kepada mereka setiap harinya agar semakin baik,” tambah Bung Edi.

Kepala Puskesmas Polowijen, drg. Ratna Yulia, menjelaskan bahwa Gebyar Lansia ini merupakan peringatan HLUN yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2023. Puskesmas Polowijen hadir untuk melayani masyarakat, termasuk lansia, dalam kegiatan gebyar lansia.

“Hari ini mengangkat tema ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’. Sebelum kegiatan ini, pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2023, kami juga melakukan kegiatan serupa di Kelurahan Purwodadi,” jelas Yulia.

Rangkaian peringatan HLUN ini tidak dapat dilakukan secara serentak di seluruh kelurahan yang berada di bawah wilayah Puskesmas Polowijen karena faktor jarak. “Oleh karena itu, Gebyar Lansia kami lakukan di masing-masing wilayah, termasuk hari ini di Kelurahan Balearjosari,” kata Yulia.

Kegiatan di Balearjosari diikuti oleh sekitar 100 lansia, sesuai dengan target sasaran seperti kegiatan serupa yang dilakukan di dua kelurahan lainnya. Harapannya, melalui kegiatan ini, lansia semakin peduli terhadap kesehatannya sendiri. “Siapa lagi yang akan peduli dengan kesehatan mereka jika bukan lansia itu sendiri,” ujar Yulia.

Pada kegiatan hari ini, dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gula darah, dan pemeriksaan tekanan darah. Selain itu, tersedia juga konsultasi gizi dan fisioterapi untuk membantu lansia yang mengalami keluhan fisik dan lain-lain, sehingga mereka dapat menjalani konsultasi dan terapi yang diperlukan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content