Berita Lansia

Wawali Ajak PYGA Tularkan Pendidikan Karakter dan Nilai Luhur Bangsa

Klojen (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi keberadaan Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso (PYGA) Kota Malang. Pasalnya yayasan yang bekerja sama dengan karang werda tersebut selama ini telah mewadahi dan banyak membantu masyarakat, khususnya kelompok lanjut usia (lansia) dalam menjaga kesehatan.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka kegiatan kerohanian bagi lansia di Gedung DPRD Kota Malang

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Malang dalam kegiatan kerohanian bagi lansia dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 2023/ 1445 Hijriah di Gedung DPRD Kota Malang, Senin (17/7/2023). Menurut pria berkacamata tersebut, perhatian pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang maupun pemerintah pusat sangat besar bagi kelompok lansia.

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu mencontohkan, alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahun terus meningkat signifikan, sehingga keberadaan lansia terus berdaya dan produktif. “Dari hal itu maka secara otomatis masa hidup lansia juga akan semakin baik,” jelasnya.

Lebih jauh Bung Edi menyampaikan bahwa perhatian Pemkot Malang Bagai lansia selama ini sangat baik. Seperti yang tertuang dalam program Smart City dan Kota Ramah Lansia. Misalnya adanya sekolah lansia, musrenbang lansia dan posyandu lansia.

Pada momen ini, pria ramah itu berpesan agar para lansia turut menularkan pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai luhur bangsa bagi kaum muda. Seperti halnya penguatan budaya gotong-royong dan toleransi agar budaya ini tak lekang digilas modernisasi.

“Bapak ibu tentu sudah banyak makan asam garam terkait budaya bangsa ini, dan mungkin tidak dimiliki bangsa lain. Budaya ini juga menjadi salah satu kekuatan bangsa Indonesia dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Bung Edi.

Pernyataan senada disampaikan Ketua PYGA Kota Malang Prof. DR. Dr. H. Djanggan Sargowo, Sp.Pd. Sp.JP (K), FIHA, FACC. Pihaknya pun berterima kasih kepada Pemkot Malang karena selama ini telah memberikan perhatian, terutama Wakil Wali Kota Malang yang juga merupakan Ketua Komisariat Daerah (Komda) Lansia Kota Malang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content