Berita Pelayanan Publik

BI Malang Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Gedung Kartini

Klojen (malangkota.go.id) – Menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang berkolaborasi dengan delapan Perbankan Umum dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar layanan penukaran uang baru di Gedung Kartini Kota Malang, Sabtu (8/4/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji melakukan layanan penukaran uang baru di Gedung Kartini Kota Malang

Seremonial pembukaan layanan penukaran uang baru ini dimulai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Kepala KPw BI Malang Samsun Hadi, yang disaksikan oleh Ketua TP PKK Kota Malang Widayati serta kepala perbankan yang hadir.

Dalam sambutannya Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena telah disiapkan uang sebesar Rp4,6 triliun untuk layanan penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran 1444 H.

Dengan dibukanya layanan yang dibuka oleh BI Malang bersama Perbankan Umum ini, menurut Sutiaji juga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. “Ini merupakan kerja sama yang baik yang mampu meminimalisir peredaran uang palsu, dan juga tindak kejahatan lainnya karena tidak bisa menjamin bahwa uang yang diedarkan bisa dijaga,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pria berkacamata itu menyampaikan apresiasi dan merasa bangga dengan diselenggarakannya kegiatan ini, mengingat ekonomi Kota Malang sempat mengalami penurunan akibat efek pandemi global Covid-19.

“Dua tahun yang lalu kita masih dalam situasi Covid-19 dan ekonomi kita lumayan jatuh. Tapi alhamdulillah situasinya sesuai data statistik sudah bagus,” terangnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Malang, Samsun Hadi menyebutkan pihaknya akan membuka layanan penukaran uang baru di Gedung Kartini, Jl. Tangkuban Perahu No. 1B Kota Malang ini selama enam hari, yakni mulai tanggal 8-13 April 2023.

Untuk mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi, pihaknya akan membatasi kuota antrean. “Setiap hari kuotanya 1.600 penukaran uang. Setiap orang maksimal bisa menukarkan Rp3,8 juta, sehingga tinggal dikalikan saja,” terang Samsun.

Selain di Gedung Kartini, Samsun mengungkapkan pihaknya bersama dengan perbankan lainnya juga akan membuka layanan serupa di beberapa titik lokasi di Kota Malang.

“Teman-teman perbankan sudah menyiapkan 109 outlet di wilayah kerja kita untuk melayani masyarakat. BI juga ada penukaran kas keliling sebanyak dua mobil ke pasar-pasar dan titik keramaian,” terangnya lagi.

Untuk informasi mengenai penukaran uang menjelang Lebaran 2023, pihak BI Malang nantinya secara berkala akan menginformasikan melalui media sosial BI Malang . Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat untuk memantau setiap informasi yang diberikan pihak BI Malang. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content