Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Pemkot Malang Prioritaskan Penyelesaian Jalan Tembus Danau Jonge

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Sebagaimana diketahui hingga saat ini penyelesaian pembebasan lahan di jalan tembus kawasan Jalan Danau Jonge, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, yang melewati wilayah Kabupaten Malang belum terselesaikan. Terkait hal itu, kini proses pennyelesaiannya menjadi perhatian dan prioritas dari Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM.

Jalan Danau Jonge, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang yang akan jadi akses jalan tembus

Penyelesaian pembebasan lahan tersebut, disampaikannya akan segera dilakukan agar dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Dalam hal ini diperlukan komunikasi yang mendalam antara jajaran Pemkot Malang dan Pemkab Malang.

Demikian yang disampaikan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Rabu (4/10/2023). Diungkapkannya, pihaknya telah datang ke lokasi dan tersisa lahan sekitar 200 meter untuk segera dibebaskan. “Memang lahannya sudah kosong. Nanti kita coba komunikasikan dengan Pemkab Malang. Walaupun itu sedikit tapi untuk ukuran Kota Malang nilainya juga tinggi. Mudah-mudahan ada jalan keluar,” harapnya.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan, untuk anggaran pembebasan lahan tersebut dinilai masih menjadi kendala dari Pemkab Malang. Saat disinggung mengenai total anggaran yang diperlukan, pihaknya mengaku belum memperhitungkan secara spesifik.

“Kalau kita lihat biaya operasionalnya tinggi, sedangkan anggaran Kabupaten Malang itu juga terbatas. Nanti kita lihat seberapa tingkat kesulitannya. Misalkan lahan dengan ukuran 10 sampai 15 meter saja, itu kan (nominalnya) ketemu sudah tinggi sekali,” urai Wahyu.

Sedangkan dari Pemkab Malang, dikatakannya masih ada prioritas besar yakni pembebasan jalan di wilayah Malang Selatan, yakni akses jalan menuju pariwisata  terutama berbasis pantai. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content