Olahraga

Pemkot Malang Wacanakan Bangun Sirkuit Balap Motor

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana akan membangun sirkuit balap sepeda motor. Penempatan sirkuit ini nantinya membutuhkan tempat yang representatif, utamanya jauh dari pemukiman warga. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan.

Event balap motor di kota Malang beberapa waktu lalu untuk menunjang sport tourism (foto: ist)

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, Sabtu (14/10/2023). Rencana ini disebutkannya sebagai upaya untuk meminimalisir aksi balap liar yang kerap kali terjadi di Kota Malang.

“Sirkuit balapan ini harus di tempat yang representatif. Ini untuk menampung hobi balap itu supaya tidak ada balap liar di luar, serta untuk menjaga ketertiban. Prinsipnya kami siap dan sarana olahraga Kota Malang memang perlu ditingkatkan,” kata Baihaqi.

Saat disinggung mengenai lokasi untuk pembangunan sirkuit, pihaknya masih belum bisa memastikan dan akan mencari lokasi yang tepat. Dalam pemilihan tempat menurutnya juga perlu dilakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) lainnya.

“Kalau tempat, saya tidak bisa memastikan di mana, tetapi kami tetap memberikan referensi pilihan dan tentunya kita harus berkoordinasi dengan pimpinan, perangkat daerah terkait, terutama BKAD yang mengetahui secara langsung status dan keberadaan aset kita (Pemkot Malang). Nanti kiita tunggu bagaimana arahan dari pimpinan,” urai Baihaqi.

Namun sejauh ini, menurutnya di daerah Kecamatan Kedungkandang yang dimungkinkan untuk menjadi opsi lokasi. “Kalau lahan saya pikir kalau dalam rangka untuk menyebar keramaian dan segala macam, yang paling memungkinkan di daerah Kedungkandang,” ujarnya.

Ditambahkan Baihaqi, kesiapan mengenai pembangunan sirkuit nantinya Disporapar akan mengikuti kemampuan keuangan Kota Malang. Jika dalam tahapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 memungkinkan, alokasi dana untuk perencanaan dan pembangunan sirkuit balapan sepeda akan dilakukan.

Pihaknya berharap, ke depan dengan adanya pembangunan sirkuit balapan sepeda, bisa memberikan dorongan bagi sektor olahraga dan pariwisata. Tentunya melalui sektor-sektor tersebut akan berpotensi meningkatkan sport tourism di Kota Malang.

“Kota Malang harus banyak menyelenggarakan event-event, baik itu kesenian, budaya, ekonomi kreatif, musik, maupun event olahraga. Ini akan menunjang sport tourism di Kota Malang. Dengan adanya berbagai event, tentu penerimaan pajak dari sektor hotel dan restoran di Kota Malang juga meningkat,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content