Berita Olahraga

Legends Cup Junior 2023 Asah Pecatur Muda Kota Malang

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Persaingan sengit terjadi dalam Kejuaraan Catur Legends Cup Junior 2023 yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. Sempat terganggu karena hujan turun, kejuaraan yang digelar di Café Legends Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Minggu (7/5/2023) ini berlangsung seru.

Peserta Kejuaraan Legends Cup Jr 2023

Keluar sebagai juara tingkat SD/MI adalah Claretta Nathania Handoko (Juara I Putri dari SDK Mardiwiyata 2 Kota Malang), Jhosephine Grace Rondonowu (Juara II dari SDK Mardiwiyata 1 Kota Malang), Lovina Sefty Azizi (Juara III dari MIN 1 Kota Malang). Sementara itu pada tingkat SD/MI Putra dimenangkan oleh Vidi Firdaus Ramadhan (Juara I dari SD Muslim Cendikia Kota Batu), Brilian Triwanda Putra (Juara II SDKR Sylalom Education Center), M. Iqbal lazuardi (Juara III dari MI Miftahul Ulum Gadungan).

Wakil Ketua Percasi Kota Malang Harjono mengungkapkan kejuaraan ini diikuti peserta se-Jawa Timur yang dibagi menjadi empat, yakni tingkat SD/MI putra dan putri, tingkat SMP/SMA putra dan putri menjadi satu. Kejuaraan ini juga untuk mencarikan jam terbang bagi atlet-atlet catur Kota Malang sekaligus menambah turnamen.

“Turnamen Legends Cup Junior 2023 yang digelar selama dua hari ini juga untuk mendukung program kerja Percasi Kota Malang sekaligus KONI untuk bisa mencetak pecatur berprestasi sejak usia dini,” jelas Harjono, Minggu (7/5/2023).

Dari kejuaraan ini, dikatakannya para pecatur Kota Malang yang dipersiapkan tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII yang masih duduk di bangku SMP dan SMA bisa dipantau kemampuannya. Untuk pecatur Kota Malang sudah duduk di bangku kuliah, dijelaskannya masih belum bisa dilihat perkembangannya karena kejuaraan hanya boleh diikuti peserta yang masih duduk di bangku SD, SMP, SMA/SMK.

“ Melalui kejuaraan ini pelatih teknis catur Kota Malang akan bisa melihat dan menjadikan ajang evaluasi seberapa siap atlet catur Kota Malang selama menjalani pemusatan latihan di tingkat kota,” terang Harjono.

Terkait pecatur Kota Malang yang disiapkan tampil di Porprov VIII Jawa Timur, Harjono menyebutkan tidak akan ada promosi degradasi sebab atlet sudah direkrut dari seleksi terdahulu dalam proses yang panjang. Terlebih untuk pecatur Kota Malang yang sudah meraih medali di Porprov VII akan diandalkan lagi di Porprov VIII Jatim.

“Untuk nama-nama atlet Kota Malang yang disiapkan tampil di Porprov VIII sudah final. Ada sebanyak 12 orang terdiri dari enam atlet putra dan enam putri,” tegas Harjono. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content