Blimbing (malangkota.go.id) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang bekerjasama dengan Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menyelenggarakan Rapat Kerja Baznas Tahun 2023, di Hotel Atria pada Selasa (12/12/2023).

Rapat Kerja Baznas Tahun 2023

Kepala Baznas Kota Malang, Prof. Dr. Kasuwi Saiban SH M.Ag, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya duduk bersama dengan tujuan mewujudkan transparansi dan profesionalitas dalam pengelolaan Baznas. “Kami perlu berkomunikasi dengan perangkat daerah terkait seperti Bagian Kesra dan Kemasyarakatan serta Bappeda untuk mendapatkan masukan guna memperbaiki program Baznas Kota Malang,” jelas Kasuwi pada Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini juga menjadi evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan Baznas sebelumnya dan rencana langkah yang akan diambil di tahun-tahun mendatang. Terutama untuk tahun ini, pengurus Baznas Kota Malang yang baru dilantik perlu bekerja lebih keras untuk mendapatkan kepercayaan atas tugas yang diemban. “Dengan dukungan semua pihak, kami yakin dapat menjalankan amanah dengan baik, termasuk menentukan program lima tahun ke depan dengan break down setiap tahun,” ujar Kasuwi.

Baznas Kota Malang telah melakukan berbagai kerjasama, termasuk dengan media massa untuk mempublikasikan kegiatannya. Harapannya, ke depan, Baznas Kota Malang dapat semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat. “Selain menggandeng media, Baznas Kota Malang berharap meraih ISO tahun ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat,” tegas Kasuwi.

Dengan keberhasilan meraih ISO, Baznas Kota Malang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat secara transparan, terutama di wilayah Pemerintahan Kota Malang. Kepala Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Kota Malang, Imam Mabrur, mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik untuk bersama-sama membahas dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan tahun 2024. Keberadaan Baznas sangat penting dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Fungsi Baznas adalah pengumpulan zakat, yang menjadi kewajiban jika sudah mencapai nisabnya,” ujar Mabrur. Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Kota Malang, Wilstar Taripar Sinaga S.STP., M.A.P, menyatakan bahwa kegiatan bersama Baznas hari ini merupakan langkah awal yang baik untuk menjalin sinergi, termasuk dalam penanganan kemiskinan di Kota Malang.

“Termasuk juga penanganan kemiskinan ekstrim yang saat ini menjadi program nasional untuk diselesaikan bersama-sama,” terang Wilstar. Pada kesempatan ini, Wilstar juga membawakan materi mengenai peran pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan. (cah)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content