Kedungkandang (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM meresmikan Gedung Arsip milik Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) yang terletak di area Islamic Center Kota Malang, Rabu (27/12/2023).

Peresmian Depot Arsip Kota Malang

“Ini bagian dari kewajiban salah satu tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, karena arsip ini penting dan harus dijaga. Ada arsip dinamis dan statis yang memang sesuai dengan tusi-nya harus disimpan di sini,” jelas Wahyu.

Dikatakannya bahwa semua arsip dari perangkat daerah dan BUMD harus menyimpan arsipnya di sini. Pengelolaan arsip memiliki Standard Operating Procedure (SOP), dimana dalam SOP tersebut terdapat teknik-teknik tersendiri agar bisa terjaga ketahanan maupun kerahasiaannya sehingga dapat tersimpan dengan baik.

“Jadi sarana dan prasarana ini untuk mendukung terkait dengan kearsipan. Jadi nanti setelah masuk akan dipilah, ada SOP-nya mungkin sesuai tahun, perangkat daerahnya dan lain-lain. Setelah dipilah nanti akan ada pengelolaan arsip, selanjutnya akan disimpan di lantai tiga. Dan itu rapi, jadi jika kita sewaktu-waktu kita akan mencari, itu siap,” paparnya.

Depot Arsip yang mulai dibangun pada tahun 2022 tersebut menyimpan berbagai arsip penting seperti data pemerintahan, dokumen sejarah, dan lain sebagainya. Setiap arsip akan dikelola sesuai standar dan teknik yang ditentukan untuk bisa mengamankan sehingga arsip tersebut tetap baik.

“Kemudian pengamanannya juga ada teknik-tekniknya, di sini ada delapan orang arsiparis yang mengelola. Harapannya tidak hanya bangunan, namun pemanfaatannya dan penggunaannya bisa optimal. Nanti akan ada surat instruksi wali kota, targetnya tahun ini kita lihat evaluasinya sehingga di awal tahun 2024 semua bisa selesai,” pungkasnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content