Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Kubu Raya Studi Digitalisasi Pelayanan Publik di Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat. Berbagai inovasi layanan dengan digitalisasi terus diperkuat. Inovasi digitalisasi layanan publik yang dilakukan di Kota Malang ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat

Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Malang, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H, M.Kn menyampaikan bahwa pihaknya melihat Kota Malang telah meraih berbagai prestasi dan pencapaian sehingga menjadi motivasi membangun Kubu Raya yang baru menapaki usia 17 tahun.

“Untuk itu kami ingin belajar bagaimana daerah yang sudah matang dan banyak terobosan serta inovasi untuk memperkuat layanan pada masyarakat. Apalagi Malang dikenal di Republik Indonesia ini menjadi daerah tujuan sekolah, wisata, dan juga daerah cukup progresif dalam ekonomi kreatif,” terang Bupati Kubu Raya saat kunjungan kerja yang diterima di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Kamis (11/1/2024).

Diakuinya, Kubu Raya terus berupaya untuk menjadi daerah yang maju dengan mencari model-model pengembangan di berbagai sektor. Melalui kunjungan ke Pemkot Malang, Muda berharap dapat membuka saluran kerja sama untuk dapat mengembangkan daerahnya lebih baik.

“Mudah-mudahan ini menjadi peluang yang baik untuk kami mendapat banyak inspirasi dari Pemkot Malang. Tentu juga kami terus berupaya mendapatkan jejaring untuk belajar maupun mengembangkan dan meningkatkan pelayanan publik, meningkatkan UMKM, dan sebagainya. Semoga kunjungan ini bisa memberi dampak. Apalagi warga Kalbar di Kota Malang ini juga sangat banyak,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan kehormatan karena dipercaya oleh pemerintah daerah lain untuk menjadi jujukan studi tiru dalam pembangunan daerah. Kunjungan kerja ini menjadi sebuah bukti konkret adanya semangat kerja sama dan kolaborasi antardaerah. Wahyu percaya dengan pertukaran pengalaman, kedua daerah dapat belajar satu sama lain dan bisa bersama mengembangkan inovasi demi kemajuan daerah.

“Saya sangat senang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai digitalisasi pelayanan publik untuk makin menguatkan inovasi daerah. Ini penting karena penyelenggaraan pemerintah saat ini tentu harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi,” ujarnya.

Wahyu menyebutkan bahwa Kota Malang berkomitmen untuk terus mengimplementasikan teknologi informasi guna mengingkatkan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan penguatan SPBE. Berbagai inovasi dan aplikasi juga terus dikembangkan untuk dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan responsif kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui langkah ini dapat menciptakan masa depan yang lebih baik, dimana setiap warga merasakan manfaat dari kemajuan teknologi. Kolaborasi dengan seluruh komponen  menjadi kunci sukses dalam pengembangan teknologi informasi yang dapat menunjang peningkatan kualitas pelayanan publik. Ini terus dikuatkan demi mewujudkan pemerintahan yang lebih modern, efisien, dan melayani sepenuh hati,” tutup Wahyu. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content