Ekonomi Kerakyatan

Peternak Ikan Apresiasi Program Dispangtan Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Pelatihan budi daya ikan air tawar dan pemberian bantuan kepada para peternak ikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang di Hotel Grand Mercure Malang Mirama Kota Malang, Senin (5/2/2024) disambut antusias oleh para peternak di Kota Malang.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat didampingi Kadispangtan Kota Malang menyerahkan bantuan kepada peternak ikan

Pelatihan serta penyerahan bantuan sarana dan prasarana ini diberikan kepada 99 peternak. Salah satu peserta pelatihan, Iis Sugiarti mengatakan bahwa dia banyak mendapat ilmu cara memelihara ikan. Seperti halnya bagaimana agar ikan tidak mudah mati dan hasil budi dayanya menghasilkan ikan yang besar dan sehat.

Begitu juga soal pemberian bantuan berupa benih ikan lele, sarana membuat kolam, pakan ikan dan peralatan lainnya, membuat perempuan berhijab itu lebih bersemangat dalam beternak bersama keluarganya. “Bantuan ini sangat bermanfaat karena sangat lengkap dan ke depan saya optimis bisa menjadi peternak yang handal,” jelas Iis.

“Dengan beternak ikan, juga akan menambah pendapatan keluarga. Saya sudah mempunyai pelanggan, terutama ikan lele, yaitu beberapa warung lalapan. Maka tentu nanti omzet penjualan saya meningkat,” sambungnya.

Pernyataan senada disampaikan Supriyadi. Ia mengaku akan terus menyeriusi usaha ternak ikan yang selama ini digeluti. “Pelatihan dan bantuan ini sangat membantu. Saya ucapkan banyak terima kasih,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Malang, Slamet Husnan Hariyadi mengatakan bahwa pelatihan dan bantuan ini memang lebih kepada peningkatan ketahanan pangan dari lingkungan keluarga, RT dan RW, sehingga kebutuhan ikan masyarkat terpenuhi dengan baik.

Disebutkannya, pihaknya selama ini selalu memberi pendampingan dan konsultasi bagi peternak. “Salah satunya kita ada grup aplikasi perpesanan dengan peternak, sehingga apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan peternak dapat teratasi dengan baik,” jelas Slamet. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content