Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Pj. Wali Kota Malang Ajak Jaga Kondusivitas Saat Masa Tenang Pemilu

Klojen (malangkota.go.id) – Pelaksanaan Pemilu Serentak tinggal hitungan beberapa hari lagi. Kelancaran pemilu, termasuk masa tenang merupakan momen krusial dalam sebuah Pesta Demokrasi. Saat masa tenang yaitu tanggal 11-13 Februari 2024, seluruh kontèstan dan siapapun yang berkepentingan harus menghentikan kegiatan kampanye.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memberikan arahan

Hal itulah yang disampaikan Penjabat (Pj.) Wali kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM saat Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024 di halaman depan Balai Kota Malang, Sabtu (10/2/2024). Saat masa tenang pemilu ini sekaligus untuk memberikan kesempatan pada para pemilih untuk menentukan pilihannya dengan tenang dan tanpa tekanan.

Dalam konteks ini, Wahyu mengatakan diperlukan komitmen dari semua pihak khususnya penyelenggara pemilu, unsur pemerintah, aparat keamanan dan peserta pemilu untuk menyukseskan pemilu sekaligus menjaga kondusivitas di Kota Malang.

Oleh karena itu, pada apel siaga ini Wahyu juga menekankan pada seluruh pihak penyelenggara Pemilu di Kota Malang agar mèmperkuat sinergi dan koordinasi, baik aparat penegak hukum, KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dan Organisasi pada masyarakat sipil untuk memastikan masa tenang berjalan dengan kondusif.

“Kedua, tingkatkan patroli dan pengawasan di seluruh Kota Malang, terutama di lokasi rawan terjadi pelanggaran masa tenang. Kemudian lakukan tindakan tegas dan terukur terhadap setiap pelanggaran masa tenang yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tambahnya.

Keempat, pastikan tidak ada kampanye politik uang dan yang paling penting adalah memastikan distribusi logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah. Kelima, Wahyu meminta untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk menjaga ketenangan para pemilih dalam menentukan pilihannya.

“Keenam, berikan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat tetang pentingnya masa tenang. Terakhir, jaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas dan kewenangan, dan hindari sikap dan tindakan yang dapat menimbulkan kegaduhan publik,” ajaknya.

Wahyu yakin dengan koordinasi dan penertiban oleh Bawaslu, jajaran Pemkot Malang dan unsur-unsur terkait lainnya, pelaksanaan Pemilu 2024 Kota Malang yang berintegritas, jujur, adil dan Bermartabat akan dapat tercipta.

Tak lupa pihaknya mengajak agar seluruh elemen bersama-sama menjaga dan mengawasi saat masa tenang pemilu, serta memastikan keberhasilan pengawasan masa tenang pemilu 2024. “Semua itu sebagai wujud nyata, rasa kebersamaan, kepedulian, kesatuan, dan persatuan dalam rangka menciptakan Pemilu Damai di Kota Malang,” pungkas Wahyu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content