Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Masa Tenang Pemilu 2024, Pj. Wali Kota Turun Tertibkan APK

Malang (malangkota.go.id) – Memasuki masa tenang Pemilu Serentak 2024 mulai 11-13 Februari 2024, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM turun langsung mengikuti penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (11/2/2024) yang terselenggara atas kerja sama Bawaslu Kota Malang dengan jajaran Pemkot Malang.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat (berkacamata hitam) berkoordinasi saat penertiban APK (Dok: Prokompim)

Tampak hadir mendampingi Pj. Wali Kota Malang yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Heru Mulyono dan jajaran Dinas Perhubungan Kota Malang. Penertiban APK ini adalah tindak lanjut dari tujuh arahan yang diberikan Pj. Wali Kota Malang saat menghadiri apel siaga pengawasan masa tenang di halaman depan Balaikota Malang, Sabtu (10/2/2024) kemarin.

Atas komitmen itu, Pj. Wali Kota Wahyu Hidayat meninjau langsung penertiban APK di wilayah Stadion Gajayana utamanya di seputaran Patung Rudal. Wahyu mengatakan bahwa Pemkot Malang akan memberikan dukungan pada Bawaslu untuk segera menyelesaikan penertiban APK ini. “Hal ini selain memang sedang masa tenang, APK harus segera ditertibkan untuk tetap menjaga estetika Kota Malang” jelasnya.

“Hari Senin nanti, saya akan perintahkan seluruh ASN di wilayah kecamatan dan kelurahan untuk sama-sama turun membantu Bawaslu dalam penertiban APK ini di wilayahnya masing-masing” tegasnya lagi.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan pihaknya akan merasa sangat terbantu dan senang sekali seandainya masyarakat membantu membersihkan APK di wilayah sekitar tempat tinggalnya agar kebersihan dan keindahan lingkungan tetap terjaga. “Kami berterima kasih apabila masyarakat bersedia membantu Bawaslu menertibkan APK, terutama di wilayah permukiman, di kampung-kampung,” tambah Wahyu.

Sebagai informasi, dalam penertiban APK ini, Pemkot Malang akan membantu Bawaslu Kota Malang dengan mengerahkan perangkat daerah terkait. “Seluruhnya kita backup Bawaslu. Kan enggak mungkin Bawaslu sendiri, jadi nanti kita dengan beberapa PD, ada Satpol PP dan Dishub, kemudian DLH, kita sama-sama nanti. Seperti Bawaslu kan enggak punya kendaraan tangga hidrolik, kita bahu membahu dengan mem-backup Bawaslu dengan menertibkan dan membersihkan APK ini,” katanya. (TS/yon)

Sumber: Prokompim Setda Kota Malang

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content