Jika selama ini para anak negeri di Kota Malang yang notabene adalah anak jalanan yang sering terlihat berada di sekitaran lampu merah untuk mengais rezeki, kali pemandangan berbeda terlihat dari aktivitas mereka. Bertempat di basecamp mereka di Jl. Langsep Barat, anak-anak negeri ini menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, Kamis (24/9).

Anak negeri turut berbagi saat Hari Raya Iduladha dengan memberikan daging kurban, Kamis (24/9)
Anak negeri turut berbagi saat Hari Raya Iduladha dengan memberikan daging kurban, Kamis (24/9)

Meski sumber dana penyelenggaraan tidak seratus persen dari mereka, namun anak-anak ini tidak mau melewatkan momen Hari Raya Iduladha untuk berbagi dengan sesama. Mereka mendapat bantuan hewan kurban berupa kambing dari salah satu anggota DPRD Kota Malang dan pihak Pemerintah Kota Malang.

Tak hanya kambing, mereka juga menyembelih ayam, bebek, mentok, dan juga melakukan pelepasan burung. Momen Iduladha ini menjadi pelajaran penting untuk berbagi dan menumbuhkan kasih sayang sesama umat manusia, khususnya masyarakat kurang mampu.

Hal itulah yang disampaikan pembina anak negeri, M. Romadhoni, disela-sela acara penyembelihan hewan kurban. “Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi yang menerima serta menanamkan jiwa sosial bagi para anak negeri ini,” imbuhnya, Kamis (24/9).

“Kegiatan seperti ini merupakan salah satu agenda rutin anak negeri. Kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anak-anak ini sehingga mereka juga diharapkan bisa menjadi contoh di masyarakat. Kita akan menghilangkan kesan anak jalanan yang selama ini dipandang sebelah mata,” urai Doni.

Anak-anak binaan saya ini, kata dia, sama seperti masyarakat pada umumnya, dan tidak semua anak jalanan harus dipandang negatif. “Buktinya mereka mau berbagi rezeki dan mempunyai kepedulian yang luar biasa,” pungkas Doni yang juga berprofesi sebagai wartawan itu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content