Berita

Gelar Rakerda, DPD Apersi Jatim Siap Realisasikan Program Presiden RI

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi)-Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jawa Timur akan men-support sepenuhnya program Presiden RI untuk membangun satu juta perumahan di tahun 2015 ini.

Wagub Jatim Drs. Saifullah Yusuf membuka acara Rakerda DPD Apersi Jatim, Selasa (6/10)
Wagub Jatim Drs. Saifullah Yusuf membuka acara Rakerda DPD Apersi Jatim, Selasa (6/10)

Apersi yang merupakan salah satu pelaksana program tersebut juga akan mendukung pembangunan rumah murah layak huni untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Riilnya adalah pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami).

Demikian yang disampaikan Ketua DPD Apersi Jatim, Adita Setyawan setelah pembukaan acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Apersi Jatim di Hotel Atria Kota Malang, Selasa (6/10). Menurutnya, pihaknya saat ini terus mencari area pembangunan rumah murah. Meski tidak mudah karena harus mencari harga tanah yang relatif murah, Apersi akan berusaha semaksimal mungkin.

“Dikarenakan program rumah murah ini dari sisi keuntungan relatif lebih sedikit jika dibanding pengelola perumahan lainnya, namun hal itu bukan suatu kendala. Maka dari itu, kami harus ada support dari pemerintah daerah untuk pemenuhan sarana prasarana perumahan,” imbuh Adita, Selasa (6/10).

Saat ini, kata dia, sudah ada program pro-MBR, yaitu uang muka satu persen dari harga rumah dan bunga lima persen flat selama 15-20 tahun. “Itu program pemerintah, dan kita siap untuk melaksanakannya. Bagi PNS (pegawai negeri sipil_red), ada subsidi dari Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan_red), dan kepemilikan rumah murah ini pada saat unit rumah sudah 100 persen,” jelas Adita.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Drs. Saifullah Yusuf sangat mengapresiasi apa yang akan dilakukan oleh Apersi yang siap menjalankan program Presiden. “Apersi harus bekerja semaksimal mungkin, walaupun nantinya pasti akan banyak hambatan di lapangan seperti halnya untuk memperoleh harga tanah yang relatif murah,” imbaunya.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu menambahkan, Apersi harus mendapat insentif dari pemerintah melalui policy yang ada. “Kami berharap MBR segera mendapat dan memiliki rumah layak huni untuk mendukung kesejahteraan mereka bersama keluarganya,” pungkas pria ramah itu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content