Klojen, MC – Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Malang, Kamis (8/9) telah diselenggarakan Diseminasi Pembelajaran Kinerja Organisasi di Hotel Sahid Montana I Malang.

Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji saat memberikan arahan
Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji saat memberikan arahan

Acara ini dihadiri oleh para kepala bidang seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang dengan narasumber Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si.

Dalam  paparannya, Mulyono menjelaskan kinerja bisa juga dikatakan sebagai sebuah hasil (output) dari suatu proses tertentu yang dilakukan oleh seluruh komponen organisasi terhadap sumber-sumber tertentu yang digunakan (input).

Bagi organisasi, lanjutnya, kinerja merupakan hasil dari kegiatan kerjasama diantara anggota atau komponen organisasi dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi. 

“Seluruh kegiatan harus melalui input, proses, dan output. Antara input dan proses mempunyai keterikatan yang erat dan sangat menentukan dalam menghasilkan suatu output kinerja yang sesuai harapan atau tidak,” jelas Mulyono.

Sementara itu Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji menyampaikan, untuk  menciptakan kinerja organisasi yang baik perlu dibangun suatu sistem yang berkaitan dengan kerja, kinerja dan budaya kerja. Ia berharap agar ke depannya tidak ada one man show atau kinerja satu dua orang semata.

Dia juga mengimbau untuk meningkatkan etos kerja sehingga terbangun budaya kerja. Ia mencontohkan, seperti halnya kepala SKPD harus bisa membuat uraian tugas yang sedang dilaksanakan dari unsur paling bawah agar dapat diketahui bahwa kerjanya sesuai atau tidak sehingga dapat dilakukan evaluasi.

“Mudah-mudahan potensi yang dulu sempat kendor akan bisa tumbuh lagi dan berkembang. Setiap bidang satu dengan bidang lainnya harus saling berhubungan dan saling menghormati, karena setiap bidang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing,” jelas Sutiaji. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content