Klojen (malangkota.go.id) – Upacara kegiatan Penghijauan Penanaman Pohon di seluruh Wilayah Korem 083/Baladhika Jaya digelar di Lapangan Halilintar Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang, Jumat (17/2).

Walikota Malang H. Moch. Anton bersama anggota Forkopimda secara simbolis melakukan penanaman pohon

Bertindak  sebagai inspektur upacara adalah Walikota Malang H. Moch. Anton dan Komandan Upacara yaitu Danramil 0833/01 Klojen Kapten Arh. Heri Widodo. Kegiatan ini mengusung tema ‘Kita Wujudkan Gerakan Indonesia Menanam Pohon Dalam Rangka Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Hidup Serta Mengurangi Pemanasan Global’.

Tampak hadir dalam kegiatan ini adalah Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm. Aprianko Suseno, Kasdim 0833 Mayor Kav. Suprapto, Kapolsek Klojen Kompol Andi Yudha P., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Drs. Agoes Edi Poetranto, MM, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Drs. Indri Ardoyo, M.Si, Camat Klojen Drs Agus Subali, dan Lurah Bareng Hariyadi Budi.

Dalam amanatnya, Walikota Malang H. Moch. Anton menyampaikan bahwa reboisasi merupakan wujud kepedulian Kodim 0833 Malang Kota yang bekerjasama dengan Perhutani maupun Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kota Malang, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di lima kecamatan di Kota Malang.

“Untuk itu, Pemerintah Kota Malang sangat mengapresiasi program ini. Melalui program ini diharapkan akan mengurangi bencana longsor utamanya di pinggiran sungai,” ujar pria yang kerap disapa Abah Anton itu.

Dibawah Komando Korem 083/Baladhika Jaya, penghijauan ini merupakan langkah nyata yang dipelopori oleh Kodim 0833 Malang Kota dan diharapkan menjadikan motor kepedulian alam. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata kebersamaan TNI/Polri dan Pemkot Malang serta masyarakat dalam menjaga dan merawat alam,” tambah Abah.

“Saya berharap agar program ini dapat terus berlanjut karena sangat baik dampaknya bagi lingkungan dan masyarakat Kota Malang,” harap pria ramah tersebut.

185 pohon yang ditanam kali ini terdiri dari 50 bibit Mahoni, pohon mangga 15 bibit, pohon sirsak 10 bibit, pohon kelengkeng 10 bibit, pohon trembesi 50 bibit dan pohon kesambi 50 bibit.

Di akhir acara, Abah Anton menyempatkan diri untuk meninjau lokasi budi daya ikan lele yang diprakarsai oleh warga setempat yang mendapatkan respons positif dari Wali Kota Malang dan jajaran Forkopimda Kota Malang. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content