Artikel

Ekspedisi Kartini Promosikan Berbagai Potensi Malang Raya

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Ekspedisi Kartini yang dilakukan oleh Siti Mujainah atau dikenal dengan nama Mouzza Zee diberangkatkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si, Kamis (1/3).

Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni (dua dari kiri) bersama jajaran kepolisian foto bersama Mouzza Zee sebelum dia berangkat menjalani ekspedisinya

Mouzza akan menempuh perjalanan selama 100 hari dengan jarak 15 ribu kilometer. Ekspedisi yang dilakukan oleh Kartini asal Malang ini, menurut Ida patut diapresiasi oleh semua pihak. Ekspedisi yang ke-4 ini, Mouzza mengendarai sepeda motor seorang diri menuju ke Merauke.

Perempuan berusia 26 tahun ini mengemban misi promosi pariwisata, budaya dan pendidikan, sehingga ketiga aspek itu lebih dikenal masyarakat dan diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisata ke kota-kabupaten Malang dan Kota Batu.

“Berbagai obyek wisata, seperti Museum Empu Purwa, wisata kampung tematik,  dan lain-lain akan dikenalkan oleh Mouzza kepada publik di luar Malang Raya,” jelasnya.

“Kualitas pendidikan di Malang pun sangat baik, sehingga wajar kalau kota ini mendapat julukan Kota Pendidikan. Begitu juga seni budaya tradisional, seperti tari topeng dan ruwatan massal yang menjadi agenda budaya rutin dan diapresiasi wisatawan hingga dari luar negeri,” imbuh Ida.

Selain itu, Mouzza juga akan melakukan aksi sosial seperti memberikan seragam sekolah dan alat tulis di beberapa sekolah yang membutuhkan. Sebelumnya, biker perempuan ini sudah melakukan ekspedisi serupa dan berkeliling pulau Jawa, Sabang dan Atambua. Nantinya, ia berencana akan melakukan ekspedisi ke Tanah Suci Mekah.

Mouzza mengaku senang dan bangga menjalani ekspedisi ini, karena dapat memperkenalkan berbagai potensi tanah kelahirannya. Ia mengaku tidak ada persiapan khusus jelang ekspedisi kali ini, karena  ekspedisi ini adalah yang keempat kalinya ia lakukan.

“Yang pasti motor disiapkan sebaik mungkin, membawa berbagai perlengkapan seperlunya, dan berolahraga dengan rutin. Meski pada ekspedisi sebelumnya sempat ada sedikit masalah, seperti kecelakaan di jalan dan sempat mau ditilang polisi, namun untuk kali ini semoga diberi kelancaran,” ungkap Mouzza.

Melalui Ekspedisi Kartini ini, maka diharapkan Malang Raya akan lebih dikenal masyarakat, terutama dari sisi pariwisata, pendidikan dan budaya. Selain itu, tingkat kunjugan wisata juga lebih meningkat dengan signifikan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content