Klojen (malangkota.go.id) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo meminta para kepala desa agar memiliki visi dan persepsi yang sama dalam bekerja sehingga bisa memberi pelayanan yang lebih optimal kepada semua lapisan masyarakat.

Plt Wali Kota Malang Sutiaji (berkopiah) mendampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (dua dari kiri) dan Gubernur Jatim Soekarwo (seragam batik) meninjau beberapa ruang kerja OPD di Balai Kota Malang

Para kepala desa pun harus fokus dalam bekerja, terutama dalam menggunakan anggaran dari pemerintah yang diperuntukkan pembangunan desa agar desa bisa lebih maju dan berkembang dari berbagai aspek.

Keberadaan dan peran aktif kepala desa sangat menentukan kemajuan desa serta dalam menyejahterakan masyarakat. Maka dari itu, semua kepala desa harus bekerja dengan fokus dan lebih maksimal lagi, terutama dalam merealisasikan Dana Desa yang bersumber dari Pemerintah.

Hal itulah yang disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo saat menyambangi Balai Kota Malang, Selasa (31/7). Pihak Kemendagri pun akan terus memberikan penguatan berbagai aspek bagi para kepala desa, sehingga aparatur di desa memahami cara menyusun perencanaan pembangunan.

Selain itu, disampaikan Mendagri bahwa para kepada desa juga dapat membuat laporan pertanggungjawaban, bagaimana menggerakkan dan mengorganisir masyarakat di desa, serta bekerja lebih fokus dan optimal.

“Penguatan ini juga akan disampaikan Presiden Joko Widodo, besok Rabu, (8/1) di Kota Malang kepada kepala desa se-Jawa Timur dan Indonesia timur,” jelasnya.

Salah satu titik fokus penguatan para kepala desa ini, lanjut Mendagri, terutama terkait mekanisme pembuatan laporan keuangan dana desa yang lebih efektif dan efisien. “Sesuai arahan Presiden, kepala desa harus fokus terhadap berbagai hal yang ada di desa, seperti musyawarah yang baik itu bagaimana, serta bagaimana menswadayakan masyarakat,” sambungnya lagi.

Terkait program penguatan para kepala desa, Mendagri juga meminta pemerintah daaerah agar turut berperan aktif sehingga ke depan diharapkan desa lebih maju dan berkembang.

“Ini akan terwujud dengan optimal jika kepala desa berperan aktif, memiliki visi dan persepsi yang sama, serta fokus dalam bekerja,” pungkas Menteri Tjahjo. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content