Berita

Pemkot Malang Terima Kunker Pusbindiklatren Bappenas RI

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Pusat Pembinaan, Pendidikan,dan Pelatihan Perencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Pusbindiklatren Bappenas RI) dan FIA UB, Selasa (31/7).

Kunker Pusbindiklatren Bappenas RI di Ruang Tumapel Balai Kota Malang berlangsung gayeng

Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Drs. Mulyono, M.Si beserta OPD terkait menerima kunker Pusbindiklatren Bappenas RI ini di Ruang Tumapel Balai Kota Malang.

Rombongan dipimpin oleh Dr. Ainul Hayat yang juga berprofesi sebagai dosen di FIA UB dan diikuti oleh 27 peserta. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk pelatihan monev (monitoring dan evaluasi) yang terkait tentang konsep analisis dan terjun langsung di lapangan.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Drs. Mulyono, M.Si mengucapkan terima kasih kepada para rombongan Pusbindiklatren Bappenas atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tempat kunjungan kerja.

Mulyono kemudian menyampaikan dua masalah untuk mencapai monev yang lebih modern yaitu yang pertama tentang big data, karena hampir semua pemerintah daerah di Indonesia belum melihat big data, kalau sudah big data, analisisnya yang harus diperkuat.

Yang kedua tentang usaha untuk tidak menyamakan Indonesia bagian timur dengan bagian barat, karena menurutnya jika keduanya disamakan maka tingkat kemiskinannnya tidak akan habis.

Sementara itu perwakilan dari Dinas Kominfo Kota Malang yaitu Kepala Bidang Statistik Drs. Sukaryono mengungkapkan bahwa pihaknya berusaha mewujudkan Permendagri No.8 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah yang terdapat aspek kesejahteraan rakyat, daya saing, dan layanan umum.

“Untuk mewujudkan data statistik sebenarnya mudah apabila data dari tahun per-tahun sudah urut dan tersedia sehingga monev dan analisisnya lebih mudah” jelasnya.

Di tengah-tengah agenda kunker ini dikejutkan dengan kedatangan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo beserta Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Plt Wali Kota Malang Sutiaji yang menyapa dan melihat agenda kunjungan kerja ini. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content