Artikel

Ambil Alkes Untuk Tangani Covid-19, Pesawat TNI AU Terbang ke Shanghai

Malang (malangkota.go.id) – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia menyiapkan pesawat militer guna mengangkut alat kesehatan dari Shanghai, China. Alat kesehatan tersebut akan digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Foto bersama sebelum berangkat ke Shanghai.

Terkait hal tersebut, Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Sabtu pagi (21/03/2020) memberangkatkan satu pesawat C130 Hercules A-1333 dari Skadron Udara 32 untuk melaksanakan tugas negara negara tersebut. Adapun jumlah kru yang terlibat terdiri dari 18 orang dengan tambahan personel dari Dispenau tiga orang dan perwakilan dari Kemenhan sebanyak dua personel.

Penerbangan ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Suryo Anggoro, dan perjalanan akan menempuh waktu kurang lebih 17.00 jam hingga kembali ke Indonesia. Pesawat ini diperkirakan akan tiba di Lanud Raden Sadjad Natuna pukul 06.00 WIB pada hari Minggu (22/03/2020) untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Shanghai.

Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Totok Sugiharto menjelaskan bahwa Menteri Pertahanan sudah mengirimkan surat kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai Republik Rakyat Tiongkok.

Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, RRT berupa Disposable Masks, N95 Masks, Protective Clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps. “Alat kesehatan tersebut nantinya akan digunakan oleh tim medis Kemenhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Brigjen Totok juga menjelaskan bahwa pertimbangan menggunakan pesawat militer dalam hal ini adalah mengingat situasi saat ini yang perlu penanganan yang cepat dengan pertimbangan keselamatan rakyat Indonesia.

Selain itu penggunaan pesawat militer yang berarti hubungan G to G akan mempermudah proses. Brigjen Totok kembali menegaskan bahwa ini adalah misi kemanusiaan yang dituntut untuk tindakan yang cepat. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content