Berita

Wali Kota Malang Tinjau Sterilisasi di Puskesmas Kendalkerep dan Puskesmas Gribig

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Menyadari rentannya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di area puskesmas sebagai fasilitas kesehatan, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji telah menginstruksikan untuk melakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi secara berkala di 16 puskesmas yang ada di Kota Malang.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat meninjau Puskesmas Kendalkerep

Wali Kota Malang pun turun meninjau langsung proses sterilisasi yang dilakukan secara berkala di Puskesmas Kendalkerep dan Puskesmas Gribig, Senin (31/8/2020) didampingi Plt. Kadinkes Kota Malang Sri Winarni, Kabag Pemerintahan Setda Kota Malang Suprayitno, serta Kabag Humas Setda Kota Malang M. Nur Widianto. Pada kesempatan ini Wali Kota Malang juga melakukan dialog bersama camat, lurah dan kepala puskesmas beserta jajaran.

Dalam arahannya, Sutiaji menekankan agar ada koordinasi secara intensif antara lurah, babinkamtibmas, babinsa dan jajaran puskesmas terkait data penyebaran Covid-19 di masing-masing wilayahnya. “Ini penting dilakukan agar ada kesamaan data diantara para petugas lapangan, sehingga pemantauannya dapat berjalan secara maksimal,” tegas Sutiaji.

Wali Kota Malang juga mengingatkan agar para petugas dan tenaga medis yang ada di puskesmas tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalankan tugasnya karena puskesmas adalah sarana kesehatan publik yang berinteraksi langsung dengan pasien.

“Tidak menutup kemungkinan, para pasien yang datang untuk berobat ke puskesmas adalah OTG atau malah membawa virus yang tanpa kita sadari dapat menularkannya pada kita. Tetap jaga kesehatan, tingkatkan imunitas diri dan lakukan prosedur protokol kesehatan secara ketat selama berada di ruang publik,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, para petugas juga menyampaikan beberapa kesulitan dan hambatan yang dialami saat menjalankan tugas, utamanya dalam rangka memberikan pemahaman pada masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan, termasuk juga dalam melakukan pemantauan terhadap para pasien terkonfirmasi positif yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. (Ts/yon)

You may also like

Skip to content