Berita

Jawab Tantangan Gubernur, Wali Kota Sutiaji Siap Kuatkan e-Commerce

Malang, (malangkota.go.id) – Kemitraan yang kuat atau strong partnership  dengan perguruan tinggi salah satu pesan penting yang disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Wali Kota Batu Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M. Si, dan Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM pada acara serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malang di Kantor DPRD Kabupaten Malang, Senin (8/3/2021).

Khofifah juga menekankan pentingnya Malang Raya mengembangkan dan menguatkan platform e-Commerce. Karena Malang Raya memiliki potensi dari sisi ini dan banyak pelaku ekonomi kreatif, maka ia menitipkan terkait hal tersebut. “Saya titip terkait pengembangan dan penguatan platform e-Commerce ini Malang Raya. Selain itu, saya juga titip Malang Raya menjadi Dapur Halal Dunia,” ujar Khofifah Indar Parawansa.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan bahwa ekonomi kreatif menjadi salah satu misi Kota Malang. Karena di tengah pandemi Covid-19, tumbuh banyak pelaku ekonomi perorangan. Pasar juga sudah berubah dan mengalami pergeseran, tidak lagi melulu ada pertemuan fisik antara produsen dan konsumen.

“Ekonomi kreatif memang menjadi salah satu bidikan kami. Pelaku UMKM Kota Malang sendiri jumlahnya bisa mencapai ribuan,” beber Sutiaji.

Beberapa waktu lalu melalui strategi pentahelix, beberapa UMKM Kota Malang juga telah dihubungkan dengan e-Commerce yang sudah ada di pasar nasional. Seiring hal tersebut dalam rangka penguatan smart city, khususnya smart economy maupun smart social, akan terus dikembangkan dashboard dan platform digital economy service.

“Dari sisi penguatan data potensi ekonomi hingga tingkat RT/RW, selain menguatkan sinergi dengan komunitas, juga akan menggandeng serta melibatkan aktif peran dasa wisma,” sambungnya.

Hal ini riil di lapangan, ibu-ibu dasa wisma justru sering bergerak dan bersentuhan langsung dengan aspek ekonomi dan sosial warga. “Kami akan coba kembangkan platform yang bisa mewadahi gerak dasa wisma tersebut. Selain itu, Malang Halal juga sudah dirintis di Kota Malang,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Isa Aprilia, salah satu pengurus komunitas MalangGleerrr.com menyambut baik niat baik Pemkot Malang dalam menggarap sektor UMKM. “Sebagai komunitas kami senang, dan kami siap jadi mitra yang positif karena MalanggGleerrr,” ujarnya.

MalangGleerrr dibentuk untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada para pelaku UMKM dan IKM di Malang Raya, khususnya di Kota Malang. Maka apa yang diutarakan Wali Kota Malang, kata dia, akan sejalan dengan gerak MalangGleerrr dan semua UMKM di Malang. (Wid/ram)

 

You may also like

Skip to content