Berita Pelayanan Publik

Terapkan Sistem Merit, Pemkot Malang Raih Anugerah Meritokrasi

Surabaya, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menorehkan prestasi, kali ini Anugerah Meritokrasi 2021 berhasil diraih. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto kepada Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di The Westin Grand Ballroom, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Wali Kota Malang Sutiaji menunjukkan penghargaan yang diterima dari Komisi Aparatur Sipil Negara

Penghargaan ini diraih Pemkot Malang karena dinilai telah menerapkan sistem merit dengan baik sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Alhamdulillah Kota Malang berhasil menerima penghargaan Anugerah Meritokrasi dari KASN. Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan komitmen bersama untuk menguatkan kualitas tata kelola manajemen ASN di Kota Malang,” kata Wali Kota Sutiaji.

Menurut Sutiaji, Anugerah Meritokrasi yang diterima ini menjadi pendorong bagi Pemkot Malang untuk konsisten dalam menerapkan sistem merit. “Penerapan sistem merit ini menjadi sistem manajemen ASN yang strategis dan harus dilaksanakan secara kontinu. Guna mencetak sumber daya ASN di Pemkot Malang yang kompeten dan unggul,” urai Sutiaji.

Setidaknya, terdapat 123 instansi baik di pemerintah pusat maupun daerah yang menerima Anugerah Meritokrasi dengan predikat ‘Sangat Baik’ dan ‘Baik’. Kota Malang memperoleh Anugerah Meritokrasi kategori ‘Baik’. Karena itu, Wali Kota Sutiaji mengajak jajaran Pemkot Malang agar prestasi ini dapat ditingkatkan lagi.

“Semoga prestasi yang telah diraih ini dapat terus ditingkatkan demi mewujudkan birokrasi Pemkot Malang yang semakin baik,” harapnya.

Pria yang hobi bulu tangkis itu juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang yang telah bekerja dengan maksimal.

“Prestasi ini tidak lepas dari dukungan, kerja keras dan peran segenap pihak yang terlibat di BKPSDM Kota Malang,” ucap Sutiaji yang didampingi Kepala BKPSDM Kota Malang Drs. Totok Kasianto.

Ketua KASN Agus Pramusinto menyampaikan apresiasi atas keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit sebagai komitmen dalam memperbaiki manajemen ASN. “Kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual menyampaikan perlunya mengembangkan dan memperkuat implementasi manajemen talenta dalam manajemen ASN. “Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik yang pada gilirannya akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik,” terangnya. (humas/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content