Artikel Religi

Rajin Menabung, Bocah SD Ini Bisa Beli Hewan Kurban Sendiri

Blimbing (malangkota.go.id) – Seorang bocah kelas 4 Sekolah Dasar di Kota Malang membeli kambing kurban di Hari Raya Iduladha dari hasil menabung uang saku sekolah. Kambing kurban tersebut kemudian disalurkan ke Masjid Al-Hidayah, Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang.

Muiz dan kambing kurban yang dibelinya dari hasil menabung

Bocah itu adalah Muhammad Izzuddin (10) warga Jalan Laksda Adi Sucipto, Kota Malang. Putra ketiga pasangan Rahmad Eko Firmansyah dan Anis Nooryani tersebut mengaku ingin membeli kambing dari uang hasil menabungnya sejak lama.

Setiap hari, bocah yang biasa dipanggil Muiz itu menyisihkan Rp5.000 dari uang saku hariannya yang sebesar Rp10 ribu untuk ditabung. Bahkan, untuk mewujudkan keinginannya bisa membeli kambing kurban di Hari Raya Iduladha ini kadang dia rela tidak jajan di sekolahnya. Selain karena sudah membawa bekal makanan dari rumah, dia juga anak yang jarang beli jajanan di sekolah.

Muiz mengatakan jika uang tabungannya setiap hari selalu dititipkan ke orang tuanya. “Setiap hari saya menabung separuh dari uang saku sekolah Rp5 ribu buat beli kambing Iduladha,” katanya, Jumat (30/6/2023).

Muiz yang saat ini menempuh pendidikan di salah satu sekolah SD Islam di Sidoarjo tersebut menjelaskan dirinya sudah dilatih orang tuanya menabung sejak kelas 1 SD, hingga uang tabungannya terkumpul. “Uang menabung sudah Rp6 juta, saya minta ke mama untuk membelikan kambing yang besar untuk dibawa ke masjid,” ujarnya.

Dari tabungan yang terkumpul itulah,akhirnya dia diajak membeli seekor kambing seharga Rp3,5 juta, dan kambingnya langsung diberi nama Muiz kemudian diserahkan ke Masjid Al-Hidayah, Pandanwangi, Kota Malang. “Kambing sudah diserahkan ke takmir Masjid Al-Hidayah,” tambah orang tua Muiz, Anis Nooryani.

Anis membenarkan putranya menabung sejak kelas 1 SD sampai sekarang. Dari dulu, anaknya bercita-cita ingin menabung dan bisa membeli hewan kurban dari uang tabungannya sendiri.

“Anak saya menabung sudah lama,  ya memang keinginannya sejak dulu saat Iduladha ingin membeli kambing dari uang tabungannya,” ungkapnya.

Namun, dia sebagai orang tua bersyukur anaknya yang masih usia dini, bisa berbagi pada saat perayaan Iduladha. Keinginan Muiz saat itu hanya satu ingin berbagi daging kurban ke masyarakat saat Hari Raya Iduladha. “Alhamdulillah masih kecil bisa punya niat beribadah kurban,” pungkas Anis.

Sementara itu, salah seorang takmir Masjid Al-Hidayah, Ali Mahrus membenarkan jika Muiz memang sudah menyerahkan satu ekor kambing. Bahkan, setelah penyerahan, Muiz juga diberi kartu tanda terima dari takmir masjid.

“Iya benar, panitia sudah menerima kambing dari anak SD bernama Muhammad Izzudin. Kambing sudah kami terima dan juga sudah kami beri kartu serah terima,” kata Ali Mahrus.

Pada Hari Raya Iduladha ini, Masjid Al-Hidayah Pandanwangi menyembelih hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Penyembelihan sapi dan kambing tersebut dilakukan secara syariat Islam, juga disaksikan masyarakat maupun orang-orang yang berkurban. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content