Berita

PWI Malang Raya Akan Gelar UKW Nasional

Klojen (malangkota.go.id) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada tanggal 21-24 Juli 2023 di Kampus C IKIP Budi Utomo Malang, Jalan Citandui No. 48, Kota Malang. UKW ini akan diikuti oleh wartawan dan media dari berbagai daerah di Indonesia dan diselenggarakan secara gratis.

Hingga saat ini, beberapa wartawan dari luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatera, dan Lombok telah mendaftar sebagai peserta. UKW ini mencakup tingkat muda, madya, dan utama. UKW keenam ini dan UKW sebelumnya selalu diselenggarakan secara gratis tanpa dipungut biaya sehingga diminati secara nasional.

Demikian yang disampaikan oleh Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, Kamis (6/7/2023). Menurutnya, UKW merupakan kebutuhan bagi wartawan dan akan melahirkan wartawan yang profesional dan bermoral. Selain itu, Dewan Pers juga mewajibkan wartawan untuk bersertifikasi.

Ketua PWI Malang Raya ini memang getol menyelenggarakan UKW dengan harapan agar semua anggota PWI di wilayahnya dapat bertanggung jawab dalam memproduksi pemberitaan. Menurutnya, PWI Malang Raya adalah satu-satunya penyelenggara di Indonesia yang tidak memungut biaya untuk UKW.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Ketua Panitia UKW, Sapteng Mukti Nunggal. Ia mengatakan bahwa UKW kali ini dikemas sedikit berbeda. Yakni usai ujian pada hari terakhir, akan ada hiburan untuk para peserta.

Perempuan yang akrab disapa Nunung itu menyebutkan bahwa bagi calon peserta yang tidak lolos dalam pendaftaran, diharapkan dapat mengikuti UKW pada bulan Desember mendatang. Pasalnya, sejak pembukaan pendaftaran pada hari pertama, animo peserta langsung sangat tinggi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content