Berita Olahraga

Wawali Malang Sambut Baik Festival Esport 2023 IESPA Malang Raya

Sukun (malangkota.go.id) – 150 peserta dari berbagai wilayah di Malang Raya berpartisipasi dalam Festival Pelajar Esport 2023 IESPA Malang Raya yang digelar di M-Zone Perumda Tugu Aneka Usaha (Tunas) Jl Kolonel Sugiono Kota Malang, Minggu (30/7/2023).

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko membuka acara Festival Pelajar Esport 2023 IESPA Malang Raya 

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan event seperti ini sangat bagus untuk memupuk dan memberikan wadah bagi atlet Esport untuk mengasah kemampuan. “Saat ini kejuaraan Esport tidak hanya di tingkat lokal saja, di tingkat nasional dan internasional juga banyak. Dengan sering berkompetisi, saya yakin kemampuan para atlet Esport akan semakin terasah,” jelas pria yang kerap disapa Bung Edi tersebut.

Banyaknya jumlah pelajar di Kota Malang, ditambah dengan fasilitas yang memadai, potensi untuk pengembangan cabang olahraga Esport ini menurutnya ini sangat besar. “Untuk itulah harus terus dibangun dan dikembangkan ekosistemnya agar ke depan banyak lahir atlet Esport handal dari Kota Malang,” harapnya.

Terlebih Presiden RI juga mendukung dan mengapresiasi Esport, yang terlihat dari digelarnya Piala Presiden Esport 2023. “Semoga gairah olahraga ini semakin berkembang di Kota Malang,” harapnya lagi.

Sementara itu Ketua Esport Jawa Timur, Prakoso Setyo Putro mengatakan digelarnya kejuaraan adalah untuk mengedukasi ke masyarakat terkait Esport agar tidak memandang negatif olahraga ini. “Kami berharap Esport bisa terus dikenalkan di sekolah-sekolah agar kelak ekosistem Esport bisa semakin berkembang baik dan banyak melahirkan atlet handal,” harap Prakoso.

Selain itu, dikatakannya bahwa dengan adanya festivak ini juga menjadi ajang untuk memantau perkembangan atlet Esport di Malang Raya yang nantinya diambil untuk membela Jawa Timur di Kejuaraan Esport Piala Presiden.

Festival Esport ini juga mendapat sambutan baik dari Dirut Perumda Tunas Kota Malang Dodot Widodo. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus untuk mengembangkan olahraga Esport di Kota Malang. “ESport adalah olahraga yang sangat bagus, sebab dapat melatih otak kiri, dan juga otak kanan,” terang Dodot.

Ia berharap ke depan di Kota Malang semakin banyak digelar kejuaraan-kejuaraan seperti ini agar kemampuan atlet Esport semakin baik, berkembang, dan dapat berkompetisi di kancah nasional maupun internasional. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content