Religi

Wawali Sofyan Edi Hadiri Barikan RW 4 Kelurahan Ciptomulyo

Sukun (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko menghadiri tradisi barikan menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Karang Taruna RW 04 Kelurahan Ciptomulyo Kecamatan Sukun Kota Malang di Garasi Pemadam Kebakaran Jl Bingkil No. 1, Rabu (16/8/2023).

Wakil Wali Kota Malang menyampaikan apresiasi dan senang sekali dapat menghadiri barikan di daerah yang dikenal dengan nama Blangwir (brandweer) ini. “Semoga dengan panjatan doa ini bisa menjadi amal kebaikan bagi kita semua untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutur pria yang kerap Bung Edi itu, Rabu (16/8/2023).

Pada kesempatan ini Bung Edi bercerita tentang kisah-kisah inspiratif dari Kota Malang yang patut untuk diteladani, salah satunya semangat para pelajar yang saat itu berusia 13-18 tahun atau di usia SMP-SMA yang turut berjuang bertempur melawan tentara penjajah dan gugur pada tanggal 31 Juli 1947. “Semangat para pelajar saat itu yang tergabung dalam TRIP sangat luar biasa. Ini patut diteladani,” ucap Bung Edi.

Dari peristiwa itu, dapat menjadi pelajaran bagi warga Kota Malang bahwasannya sejak zaman dahulu arek-arek Malang memiliki karakter yang patut diteladani. “Jiwa patriotisme, mencintai tanah air dan bangsanya, rela berkorban untuk nusa dan bangsa, itulah semangat yang harus ditanamkan,” pesannya.

Lebih lanjut disebutkannya bahwa perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekasan itu sangatlah berat, dan menjadi tugas generasi penerus bangsa untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan ini dengan hal-hal positif di tengah gempuran perkembangan zaman yang luar biasa.

Bung Edi di akhir sambutannya mengajak serta para peserta barikan RW 4 Kelurahan Ciptomulyo untuk mendoakan Rais Syuriyah PCNU Kota Malang KH. Chamzawi Syakur Ketua Suriah PCNU Kota Malang yang telah berpulang di Klinik UIN Maliki Malang pukul 12:25 WIB. “Hari ini warga Kota Malang berduka. Guru kita di NU, KH Chamzawi berpulang. Mari bersama berdoa yang berkahnya kita tujukan kepada beliau,” ajak Bung Edi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content