Klojen (malangkota.go.id) – Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2023 yang digelar Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Malang dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) menghadirkan Pasar Rakyat UMKM di area Balai Kota Malang, Sabtu (11/11/2023).

Pj Wali Kota Malang meninjau stan-stan di area pameran

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri serta Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dan seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang tampak hadir pada kesempatan kali ini.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyambut baik rangkaian Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023 yang diselenggarakan di area Balai Kota Malang ini. “Pelaksanaan Puncak BIK 2023 sengaja kami arahkan digelar di kawasan Alun-Alun Bundar (Tugu) Kota Malang agar kita bisa menikmati betapa indah dan luar biasanya alun-alun kebanggaan arek Malang ini,” kata Wahyu.

Istimewanya, di Pasar Rakyat UMKM ini memberlakukan pembayaran Rp1 untuk segala transaksi apapun dengan menggunakan sistem pembayaran cashless, QRIS atau kupon. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan peresmian Kayutangan Heritage sebagai Kawasan Inklusi Keuangan oleh Pj. Wali Kota Malang, Ketua FKIJK Malang dan jajaran Forkopimda.

Sementara itu Ketua Pelaksana BIK 2023 Hianni mengatakan kegiatan ini tujuannya adalah untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat. “Saat ini masyarakat Indonesia yang melek literasi keuangan terbilang masih rendah. Untuk itulah kami menggelar berbagai kegiatan untuk menberikan edukasi,” tegas Hianni.

Hianni menambahkan, melalui BIK 2023 yang mengambil tema ‘Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera’ tersebut harapannya pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan dapat meningkat.

“Berbagai rangkaian kegiatan BIK 2023 diantaranya kompetisi Business Plan untuk mahasiswa se-Malang Raya, kompetisi galeri investasi, Awarding Simpanan Pelajar, Sosialisasi dan Edukasi Keuangan, Peresmian Desa Ekosistem Keuangan Inklusif, serta Festival Padang mBulan Inklusi Keuangan,” pungkasnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content