Berita Sains dan Teknologi

Diskominfo Gelar Workshop Kesiapan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

Klojen (malangkota.go.id) – Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada instansi, baik di sektor pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang maupun privat yang berdomisili usahanya di wilayah Kota Malang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang mengadakan Workshop Kesiapan Implementasi Perlindungan Data Pribadi Bagi Badan Publik dan Sektor Privat di Kota Malang yang digelar di Hotel Savana, Rabu (15/11/2023).

Workshop Kesiapan Implementasi Perlindungan Data Pribadi Bagi Badan Publik dan Sektor Privat di Kota Malang

Sekretaris Dinas Diskominfo Kota Malang M. Sulthon, S.Sos, MM, mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Malang mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 27 tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi. Menurutnya, implementasi dari penerapan undang-undang tersebut belum sepenuhnya dilakukan. Maka dari itu diperlukan sosialisasi kepada pemangku kepentingan terutama terkait dengan penyebaran data masyarakat.

“Kegiatan diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang keamanan informasi dalam ruang lingkup tata kelola TIK, serta memberikan pengetahuan dan literasi penanganan insiden terhadap sistem elektronik yang dikelola oleh perangkat daerah maupun dari sektor privat, sebab akhir-akhir ini marak terjadi peretasan,” jelas Sulthon.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST, MT, mengungkapkan perkembangan dunia digital yang berhasil menciptakan budaya baru terutama dalam hal berbagi data akan tetapi tidak diikuti dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan data pribadi.

“Oleh karenanya saya merasa harus dilakukan upaya dalam memberikan pemahaman berupa literasi digital yang dilakukan secara masif tentang pentingnya perlindungan data pribadi, sekaligus juga tata kelola kolaboratif untuk mempercepat tujuan perlindungan data diri,” jelasnya gamblang.

Maka dari itu Erik berharap workshop yang dilakukan tersebut akan mampu meningkatkan kapabilitas seluruh pemangku kepentingan dalam mengelola data pribadi dengan penuh tanggung jawab terutama kaitannya dalam membangun Kota Malang yang lebih maju dan aman, terutama di era digital ini. “Harapannya nanti dapat memberikan dampak positif pada pelayanan publik, kepercayaan masyarakat, serta mampu mendukung perkembangan sektor swasta di Kota Malang,” tutupnya.

Workshop ini sendiri diikuti oleh hampir 200 peserta yang terdiri dari perwakilan berbagai perangkat daerah dan unit kerja di lingkungan Pemkot Malang, mitra kerja Diskominfo Kota Malang dari sektor perbankan, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Kota Malang, serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indoensia (PHRI) Kota Malang.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang Moh. Sidik, S.T, Head of Product Solution Cyber Security Telkom Sigma Adryan Almahedy, serta Ketua Tim Tata Kelola Pelindungan Data Pribadi Kementerian Kominfo Republik Indonesia Hendri Sasmita Yuda. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content