Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Kelurahan Cemorokandang Ajak Warga Pintar Tangani Limbah Rumah Tangga

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang memberikan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga bagi warga di aula Kelurahan Cemorokandang, Kamis (7/3/2024).

Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga di Kelurahan Cemorokandang

Dibuka oleh Lurah Cemorokandang Ahmad Ridwan, SE, pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber pegiat lingkungan di Kota Malang, yakni Ir. Bambang Irianto yang merupakan penggagas Kampung Glintung Go Green, serta Yusup Karyawan dan Efrida Hartini dari Bank Sampah Eltari.

Ahmad Ridwan mengungkapkan dengan penanganan dan pendekatan yang benar, maka sampah bisa memiliki nilai yang sangat bermanfaat. “Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat menularkan ilmu yang didapat kepada tetangga dan teman-teman sekitar,” harap Ridwan.

Narasumber Ir. Bambang Irianto pada kesempatan ini menyampaikan materi terkait strategi dan kiat membangun kampung berdasar pengalamannya membangun Kampung Glintung Go Green yang semula adalah kawasan kumuh dan kini menjelma menjadi kampung yang apik dan tertata. “Saya yakin, jika ada kemauan tentu hasilnya tidak akan mengecewakan,” tutur Bambang.

Dijelaskannya bahwa membangun kampung harus menyeluruh. “Artinya tidak bisa hanya mengandalkan satu potensi saja, tetapi potensi lain juga harus diangkat sehingga saling melengkapi. Jadi membangun permukiman yang layak huni, dibangun dari satu potensi dominan dan didukung dengan potensi lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu narasumber Yusup Karyawan pada kesempatan ini mempraktekkan bagaimana mengolah sampah rumah tangga menjadi pupuk cair, salah satunya membuat pupuk cair dari air leri (air cucian beras). “Selain itu banyak sekali limbah rumah tangga yang dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai guna,” terang Yusup. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content