Berita

Wawali Berikan Arahan di Rakor Kepala SMA/SMK se-Malang Raya

Klojen (malangkota.go.id) – Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji berharap agar standar mutu pendidikan tingkat SMA/SMK bisa lebih ditingkatkan pada masa mendatang. Harapan itu disampaikannya saat memberi sambutan dan arahan dalam ‘Rapat Koordinasi Kepala SMA/SMK se-Malang Raya’ di Ruang Arjuno Gedung Bakorwil Malang, Rabu (10/5).

Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji (berkopiah) menyampaikan berbagai hal seputar peningkatan kualitas dunia pendidikan

Di bawah koordinasi dan pengawasan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wawali Sutiaji berharap terjalin sinergitas yang baik dalam bidang pendidikan tingkat SMA/SMK khususnya di wilayah Malang Raya. “Sinergitas ini penting untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga pemerataan kualitas pendidikan khususnya di Malang Raya,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Sutiaji juga memberikan arahan pentingnya pemahaman akan dunia pendidikan kepada para orang tua, sehingga ke depan tidak ada lagi kriminalisasi guru atau kriminalisasi sekolah. “Kalau ada masa orientasi siswa, ke depan bisa ada orientasi bagi orang tua agar mengenal dunia pendidikan dan bagaimana guru mendidik di sekolah,” ujarnya.

Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sutiaji juga menekankan agar lebih jeli bagi siswa yang masuk melalui jalur prestasi. Sebab selama ini terdapat standar ganda akan maksud jalur prestasi, sehingga menimbulkan permasalahan bagi orang tua siswa. “Perlu ada solusi atau standarisasi untuk jalur prestasi, sehingga tidak timbul standar ganda,” imbuhnya.

Selain itu, diharapkan pula berbagai hal yang sudah dijalankan Dinas Pendidikan Kota Malang, seperti rayonisasi dan kuota lima persen untuk siswa dari luar kota, bisa dipertahankan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sehingga mekanisme yang sudah berjalan tidak lagi diubah. “Saya harap tradisi yang sudah berjalan di Kota Malang bisa dilanjutkan,” harapnya.

Usai memberikan arahan, Sutiaji menggelar dialog dengan para kepala SMA dan SMK terkait beberapa hal yang berkaitan dengan implementasi di lapangan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content