Berita

Bakesbangpol Kota Malang Ajak Masyarakat Jangan Golput

Blimbing (malangkota.go.id) – Untuk meningkatkan partisipasi warga masyarakat dalam Pemilu 2018, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang menggelar kegiatan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilu 2018 di Hotel Savana, Rabu (21/3).

Pjs Walikota Malang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilu 2018

Pjs Walikota Malang Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT hadir dan membuka kegiatan. Turut hadir Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, segenap Forkopimda Kota Malang, serta peserta kegiatan antara lain tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama, tokoh pemuda, kader belanegara, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), kader partai politik, lurah, camat dan segenap perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Pjs Walikota Malang mengungkapkan peran penting tokoh masyarakat dalam menjaga kondusivitas Kota Malang, apalagi saat ini memasuki tahun politik. Di tahun 2018-2019 ini akan ada Pilwali Kota Malang, Pilgub Jatim, serta Pilpres di tahun 2019.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2018, baik dalam proses tahapan Pilkada maupun kehadiran masyarakat pemilih dalam pemungutan suara, serta ikut aktif menjaga suasana tetap kondusif selama proses tahapan Pilkada,” harap Wahid.

Data pemilihan tahun 2008, 70,3 persen masyarakat Kota Malang mencoblos. Di tahun 2013 mengalami penurunan yaitu hanya 64 persen. “Tahun 2018 ini kami berharap bisa lebih dari 70% yang ikut berpartisipasi di dalam Pemilu. Karena Pemilu ini adalah wujud dari kedaulatan rakyat,” imbuhnya.

Kegiatan diikuti sebanyak 1.500 peserta dan dilaksanakan selama lima hari, yaitu gelombang pertama pada tanggal 21-22 Maret 2018, serta gelombang kedua pada tanggal 3, 4, dan 5 April 2018.

“Kegiatan melibatkan tiga narasumber, yakni Ketua Desk Pilkada Kota Malang, Komisioner KPUD Kota Malang, serta Panitia Pengawas Pemilu Kota Malang,” terang Kepala Bakesbangpol Kota Malang Drs. Indri Ardojo, M.Si.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kota Malang bisa berjalan dengan lancar dan sukses, serta masyarakat dapat berpartisispasi aktif dalam pelaksanaan Pilkada yang berjalan demokratis dari awal hingga usai. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content