Berita Ekonomi Kerakyatan

Pemkot Malang Salurkan Bantuan Modal Usaha Bagi Buruh Pabrik Rokok

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) menyerahkan bantuan modal usaha bagi para buruh atau pekerja pabrik rokok, Sabtu (10/12/2022). Rencananya, penyerahan bantuan modal usaha ini dibagi menjadi tiga tahap dan dilaksanakan selama tiga hari mulai 10-12 Desember 2022.

Penyaluran Bantuan Modal Usaha bagi para buruh atau pekerja pabrik rokok di Hotel Montana I, Sabtu (10/12/2022).

Kepala Diskopindag Kota Malang, Dr. Eko Sri Yuliadi, S. Sos., MM menyampaikan bahwa Pemkot Malang melaksanakan amanat untuk menyalurkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) kepada pekerja pabrik rokok di Kota Malang.

“Ada 638 karyawan yang kita beri belanja modal usaha, berupa oven bagi mereka yang memiliki keahlian membuat kopi. Bagi yang membuka usaha warung kopi kita beri mesin pembuat kopi. Ada juga di bidang konveksi kita beri mesin jahit,” urai Eko.

Modal berupa aneka peralatan ini bersifat kepemilikan langsung. Namun demikian, Eko menyebut bahwa walau sudah menjadi hak milik tetap harus ada pertanggungjawaban.

“Ada persyaratan dan mekanisme, ada berita acara serah terima di atas materai. Juga diketahui perusahaan dan Gabungan Pengusaha Rokok Malang (Gaperoma), semua serba tertulis,” sambungnya.

Tak hanya mendapatkan modal usaha berupa peralatan berwirausaha, para pekerja pabrik ini juga diberi pelatihan dan pendampingan dalam menjalankan usahanya. Lebih lanjut Eko memaparkan bahwa untuk mengontrol keberlanjutan pemanfaatan bantuan pihaknya akan mengadakan pelatihan keterampilan dan juga melakukan kunjungan mendadak atau sidak.

“Sekali lagi, apa yang diberikan pemerintah kepada panjenengan minta tolong dipertanggungjawabkan dan dipergunakan sebaik-baiknya agar bermanfaat terhadap kehidupan panjenengan dan keluarga,” seru Eko kepada para penerima bantuan modal usaha. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content