Berita

Regenerasi Pengurus, MMI Akan Perkuat Kolaborasi

Blimbing (malangkota.go.id) – Di momen peringatan Hari Musik Nasional, Museum Musik Indonesia (MMI) mengalami regenerasi kepengurusan dengan melakukan serah terima jabatan di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Sabtu (11/3/2023).

serah terima jabatan di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang

Ketua Museum Musik Indonesia (MMI) periode 2016-2023, Hengki Herwanto menyampaikan bahwa umur MMI telah masuk 14 tahun. Kini MMI telah memiliki kurang lebih 45.000 koleksi yang beberapa dari koleksi tersebut diantaranya telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“MMI didirikan dengan rasa cinta kami terhadap musik pada tahun 2009. Berdiri awalnya di garasi rumah, dan di 2023 diadakan regenerasi. Kami berharap ke depan dengan pengurus yang baru dapat mengembangkan MMI, tidak hanya kreatif dalam music namun juga kreatif dalam ekonomi,” ungkap Hengki.

Ia memaparkan beberapa kegiatan strategis yang telah dilakukan MMI dalam beberapa tahun terakhir antara lain turut mendukung Ambon sebagai Kota Musik Dunia, memperoleh sertifikat standarisasi museum kategori B dari Kemendikbud, serta memperoleh dukungan UNESCO untuk mendokumentasikan musik nusantara yang meliputi 100 album lagu-lagu daerah dari Sumatera sampai Papua.

“MMI juga melakukan penerbitan berbagai buku dan katalog bertema musik. Serta yang terbaru juga berkontribusi dalam Ensiklopedia Musik Keroncong yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” tambahnya.

Hengki Herwanto menyerahterimakan nahkoda kepengurusan MMI kepada Ratna Sakti Wulandari (Nana). Dengan formasi kepengurusan yang baru tersebut berbagai aspek akan diperkuat antara lain kolaborasi dan sinergitas dengan mengandeng pemerintah, akademisi, media dan lainnya untuk membangkitkan kembali gairah dan semangat Kota Malang yang dikenal sebagai salah satu barometer musik Indonesia.

Program terbaru yang telah siap diluncurkan oleh formasi baru kepengurusan MMI yakni lomba lagu-lagu daerah dengan tajuk Nusantara Bernyanyi. Nusantara Bernyanyi merupakan lomba nyanyi untuk katagori solo, grup dan paduan suara bagi pelajar tingkat SD dan SMP di Kota Malang yang akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Dr. Dian Kuntari, S. STP., M.Si yang turut hadir dalam serah terima jabatan pengurus MMI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi atas kepengurusan MMI yang baru.

“Terima kasih banyak kepada MMI yang telah memberikan kontribusi terhadap Kota Malang dan Indonesia. Selamat untuk kepengurusan yang baru,” ucapnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content