Seni Budaya dan Pariwisata

Pamerkan Karya Enam Seniman, Berlabuh Sukacita Sukses Digelar

Klojen (malangkota.go.id) – Sepekan menggelar pameran bertajuk ‘Berlabuh Sukacita’ di Gedung Dewan Kesenian Malang (DKM) Kota Malang membawa kenangan tersendiri bagi kurator Zukhriyah Zakaria. Menurutnya Kota Malang terbukti sangat luar biasa didukung dengan masyarakatnya yang apresiatif.

Pameran Lukisan Berlabuh Sukacita

Pameran Berlabuh Sukacita sendiri diselenggarakan selama sepekan mulai 13-20 Mei 2023 memamerkan karya enam seniman dari Pasuruan yang masing-masing menampilkan enam karyanya. Keenam perupa itu adalah Awan Pamungkas, Garis Edelweiss, Saiful Ulum, Sihabudin, Yoes Wibowo, Wahyu Nugroho. Dan dikurasi oleh Zukhriyah Zakaria dan Kharisma Nanda Zenmira.

Zukhriyah Zakaria mengungkapkan apresiasinya kepada Kota Malang yang telah mendukung penuh pameran Berlabuh Sukacita. Ini merupakan kebanggaan bagi para pelukis dari Pasuruan karena dapat memamerkan karya-karyanya di Kota Malang.

“Berlabuh dengan sukacita ini adalah upaya kami untuk bersilaturahmi dengan datang atau belajar langsung dengan kebudayaan dan kesenian di Kota Malang,” jelas Zukhriah, Sabtu (20/5/2023).

Di Kota Malang dikatakannya sangat luar biasa, serta banyak sekali masyarakat yang datang mengapresiasi pameran Berlabuh Sukacita. Terutama kalangan mahasiswanya yang tampak sangat antusias untuk datang dan berdialog. “Kita bisa berbagi pengetahuan, bisa berdiskusi, mendapatkan banyak manfaat, ini lebih dari yang kami perkirakan,” terang Zukhriah.

Melihat antusiasme yang bagus dari warga masyarakat, Zukhriah mengungkapkan ke depannya akan dijadwalkan lagi untuk mengadakan pameran di Kota Malang.

Lebih lanjut disebutkannya bahwa pergerakan seni rupa di Pasuruan sendiri sudah cukup lama dilakukan secara rutin setiap tahun sejak even Gandheng Renteng tahun 2009. Tetapi Gandheng Renteng dan kolektif di Pasuruan lebih banyak berkutat di Pasuruan Raya saja meskipun pernah juga ke Yogyakarta, Surabaya dan Kota Batu. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content