Klojen (malangkota.go.id) – Semarak Onthel Persaudaraan Nasional (SOWAN) 2023 yang diadakan di Kota Malang berlangsung meriah dengan partisipasi lebih dari 3000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini dimulai dan berakhir di Lapangan Belanegara Kota Malang pada Minggu (10/7/2023).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Ali Kuncoro, menyampaikan terima kasih atas antusiasme peserta yang hadir dalam acara SOWAN 2023. Awalnya, Gubernur Jawa Timur berencana hadir, namun karena adanya bencana lahar dingin di Lumajang, ia tidak dapat hadir.

“Sebelum memulai kegiatan, kami mengadakan doa untuk masyarakat Lumajang agar bencana yang terjadi di sana segera diselesaikan,” jelas Ali Kuncoro pada Minggu (10/7/2023).

Ali menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang luar biasa. Pemerintah berusaha melalui desain bersama untuk mendorong masyarakat agar aktif dan berpartisipasi dalam olahraga.

“Kabar yang lebih membanggakan, Kontingen KORMI Jawa Timur meraih juara dua dalam Kejuaraan Nasional di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari ini,” ujar Ali.

Dengan fakta ini, Ali berharap olahraga semacam ini terus dikembangkan di Jawa Timur dan Kota Malang. Hal ini sejalan dengan program Gubernur Jawa Timur terkait Jatim Seger.

“Artinya, masyarakat Jawa Timur senang bergerak dan aktif dalam berbagai aktivitas dan olahraga rakyat yang dijalankan,” terang Ali.

Ali juga menyebutkan bahwa slogan “menambah jalur, menambah dulur, menambah makmur,” sangatlah baik.

Sementara itu Ketua Komunitas Sepeda Onthel Indonesia (KOSTI) Kota Malang, Endri Mustofa, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengundang wisatawan ke Kota Malang, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Kegiatan ini diikuti oleh 3.000 peserta penggemar sepeda ontel dari berbagai daerah di Indonesia. Kami berharap kegiatan ini dapat menarik minat wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke Kota Malang,” tegas Endri. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content