Blimbing (malangkota.go.id) – Puluhan anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang memeragakan busana kebaya karya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Rabu (23/8/2023). Peragaan busana ini juga diikuti dari berbagai unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) lain dan juga peragawati profesional.

Peserta memeragakan busana kebaya karya pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung MCC

Usai mengikuti peragaan busana, Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan bahwa semua busana yang diperagakan di panggung adalah hasil karya pelaku UMKM. Dalam konteks ini, pelaku UMKM dikolaborasikan dengan perancang busana yang ada di Kota Malang sehingga hasilnya sangat luar biasa.

Langkah ini, disampaikan istri Wali Kota Malang itu sebagai salah satu langkah nyata Dekranasda agar produk pelaku UMKM lebih berdaya saing mulai di level pasar lokal hingga internasional nantinya.

“Dekranasda itu kan ibunya pelaku UMKM, sehingga spontanitas kita kepingin mengangkat itu dan desainer kita harus seperti apa. Walaupun ini desainer lokal, tapi tidak kalah karena bagus-bagus dan bernilai jual tinggi,” imbuhnya.

Dan alhamdulillah, Perempuan berhijab itu mengungkapkan rasa Syukur karena kalau berbicara fesyen di Kota Malang biasanya menjadi barometer nasional. “Terbukti ketika kita mengikuti kegiatan tingkat nasional jawaranya itu dari Kota Malang,” tegasnya.

Gelaran ini pun disambut positif oleh para perancang busana. Seperti yang disampaikan Dian Likos Amelia yang mengaku jika banyak inspirasi yang akhirnya muncul saat merancang sebuah busana. “Kolaborasi seperti sangat tepat karena antara perancang busana maupun pelaku UMKM sama-sama diuntungkan,” jelas perempuan berhijab itu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content