Berita

Purnatugas sebagai Sekda, Wasto Titip Pesan Penting untuk ASN

Malang, (malangkota.go.id) – Pada hari terakhir masa tugasnya, Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH., MH menyempatkan diri hadir dan memberi semangat bagi aparatur sipil negara (ASN) Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) yang sedang menggelar pendidikan dan pelatihan di Shanaya Resort Malang Sabtu, (27/02/2021).

kepala Disnaker PMPTSP kota Malang, Erik Setyo Santoso ST MT memberikan cinderamata kepada sekda Wasto karena akan memasuki purna tugas

Saat berpamitan dan meminta maaf, Wasto menitipkan dua pesan bagi ASN di lingkungan Pemkot Malang, yakni agar mencintai orang-orang yang ada di sekitar. “Dengan demikian, dalam beraktivitas kita akan merasa nyaman dan tidak ada beban apapun dan pada akhirnya dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Kedua, harus selalu sabar dalam menghadapi apa pun dan dalam kondisi apa pun. Menurutnya, orang yang sabar bukan berarti kalah, tapi bisa diibaratkan berhenti sejenak untuk berlari jauh,” ujar Wasto.

Dia juga berpesan agar semua unsur di Disnaker PMPTSP berjalan lebih baik lagi, karena di dinas ini yang menjadi salah satu kunci kemajuan Kota Malang, serta dalam upaya menyejahterakan masyarakatnya. “Jika perizinan mudah dan cepat maka investasi akan tumbuh dengan pesat. Pada akhirnya akan turut menyejahterakan masyarakat. Begitu juga dalam bekerja, keberhasilan seorang pemimpin juga karena prestasi orang-orang yang ada di sekitar mereka. Jadi antara pemimpin dan bawahan saling membutuhkan dan melengkapi,” jelasnya.

Pesan yang tak kalah penting disampaikan pria yang gemar berolahraga tersebut, agar dalam bekerja juga diimbangi dengan doa. Melalui doa menurutnya ada yang dijawab kontan oleh yang mahakuasa, ada doa yang ditukar dan ada doa yang ditunda. Namun pada intinya doa itu penting, dan sejak tahun 1980 ketika pertama kali diangkat menjadi ASN di Pemkot Malang, beberapa hal itu yang dilakukan oleh pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Malang.

Dia pun berbagi cerita, selama menduduki sejumlah posisi penting, seperti Asisten, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Kabag Hukum, selalu didampingi orang-orang yang mumpuni, seperti kepala seksi maupun kepala bidang. Sehingga dalam bekerja merasa nyaman dan selalu mendapat apresiasi dari berbagai pihak karena beberapa orang tersebut. “Prestasi tidak akan bisa diraih tanpa ada orang-orang yang hebat juga di sekitar kita, maka rangkulah mereka dan ajaklah untuk maju bersama,” paparnya.

Drs Wasto SH MH menceritakan pengalaman kerja dan memberi motivasi kepala Disnaker PMPTSP

Terpisah, Kepala Disnaker PMPTSP, Erik Setyo Santoso, ST., MT mengaku jika Sekda Wasto adalah orang yang komplit. Dia orangnya sabar, rajin bekerja, pantang menyerah dan berjiwa besar serta pengalamannya luas. “Waktu menjadi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan beberapa tahun lalu, saya pernah kerja bersama dan menjadi bawahannya, sehingga saya tahu benar sosok Pak Wasto seperti apa,” kenang Erik.

Pada momen ini, Erik juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Sekda Wasto karena menyempatkan hadir dan memberi banyak motivasi kerja kepada para ASN. “Regulasi bisa dipelajari, namun pengalaman setiap orang akan berbeda dan apa yang dialami Pak Wasto mungkin tidak akan saya alami serta sebaliknya. Tapi pada intinya, Pak Wasto merupakan sosok yang sangat luar biasa dan menjadi kebanggaan kita bersama,” pungkasnya. (say/ram)

You may also like

Skip to content