Ekonomi Kreatif

Kadiskominfo Kota Malang Apresiasi Karya PFI

Blimbing (malangkota.go.id) – Sebanyak 20 anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengikuti pameran foto berlabel Roadshow Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023 di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang. Pameran yang dihelat mulai 26 Juni hingga 2 Juli 2023 ini menampilkan 37 karya yang menggambarkan sejumlah peristiwa di tahun 2022.

Kadiskominfo Kota Malang M. Nur Widianto (empat dari kanan) bersama Kepala Perumda Tugu Tirta (tiga dari kiri) foto bersama anggota PFI Malang

Berbagai karya foto terbaik dari tujuh kategori dipamerkan dalam momen ini, baik yang masuk nominasi maupun yang menjadi foto terbaik. Seperti foto esai terbaik general news, foto tunggal terbaik spot news dan nominasi foto esai people in the news.

APFI 2023 ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos. Usai membuka Roadshow APFI 2023, Senin (26/6/2023) pria yang akrab disapa Wiwid ini berharap gelaran ini dapat mengedukasi dan memberikan literasi bagi masyarakat terkait foto jurnalistik yang baik. Selain itu, untuk menggambarkan sejumlah peristiwa penting di tahun 2022, seperti contohnya tragedi Kanjuruhan.

“Tentu harapannya ini juga memberikan satu literasi, edukasi khususnya bagi anak-anak muda, karena foto itu juga menjadi pilar penting untuk menumbuhkan ekonomi kreatif di Kota Malang. Pameran ini menunjukkan memang selain memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik, sisi humanis tapi secara teknik karya foto teman-teman juga bisa menjadi rujukan,” imbuhnya.

Ditambahkan pria murah senyum ini, dari prestasi para fotografer ini, khususnya pewarta foto dari Kota Malang yang telah menasional, sesuai dengan moto Wali Kota Malang yaitu dari Kota Malang untuk Indonesia dan Dunia.

“Karya foto menjadi salah satu bukti peradapan setiap daerah di dunia. Meski organisasi PFI usianya masih muda, tapi karyanya luar biasa. Kami pun berterima kasih atas sinergi dan kolaborasi selama ini dengan Pemkot Malang. Semoga ke depan hal ini bisa terus dikuatkan,” ajak pria berkacamata itu.

Hal senada disampaikan ketua panitia pameran, Purwanto. Menurutnya, foto-foto yang dipamerkan ini merupakan karya-karya terbaik dari para pewarta foto yang berasal dari beberapa daerah. Misalnya foto spot news – Duka Cianjur karya Aditya Aji Saputra, fotografer Agence France Presse (AFP) yang menjadi foto tunggal terbaik.

“Harapannya kita bisa mengedukasi masyarakat yang datang agar mereka mengenal foto jurnalistik terutama, dan agar masyarakat tahu bahwa di Malang ini ada fotografer-fotografer jurnalistik secara nasional dan semua pemenang APFI 2023 ada disini,” bebernya.

Selama pameran, pihak panitia juga akan menggelar pelatihan fotografi gratis dan praktek memotret bagi masyarakat umum. Sehingga kehadiran PFI, khususnya yang di Malang Raya membawa manfaat bagi masyarakat kuas. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content